Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Siapkan Hibrida "Plug-in" Lebih Murah

Kompas.com - 01/09/2016, 16:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mobil sport i8 bukan satu-satunya model hibrida plug-in yang dipajang BMW Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) lalu. Jika Anda memerhatikan ada satu unit BMW X5 xDrive40e yang dipajang di selasar stan BMW, SUV ini juga sudah dilengkapi teknologi eDrive.

Mobil ini merupakan SUV pertama BMW dengan sistem gerak hibrida plug-in yang sudah meluncur tahun lalu. Tampang eksteriornya tidak beda jauh dengan varian lain X5, namun punya lubang pengisian baterai lithium-ion di sisi kiri dan terdapat lambang “eDrive” di belakang.

Febri Ardani/KompasOtomotif BMW X5 xDrive40e merupakan model hibrida plug-in pertama dari BMW Indonesia yang masuk homologasi, sebelum i8.
Beda konsep seperti i8 yang dihasilkan divisi “I”, X5 xDrive40e dikembangkan merek inti, BMW. Mobil ini dilengkapi mesin 4-silinder 2.0L TwinPower Turbo penghasil 308 tk dan 450 Nm beserta motor listrik 111 tk.

Di GIIAS 2016, sumber dari BMW Indonesia mengatakan kepada KompasOtomotif, X5 ini merupakan produk hibrida plug-in pertama yang masuk homologasi di Indonesia sebelum i8. Meski begitu keputusan perusahaan menjual i8 lebih dulu.

Febri Ardani/KompasOtomotif Detail BMW X5 xDrive40e.
Proses homologasi ternyata sangat sulit, butuh waktu lebih dari satu tahun sampai selesai. Belajar dari pengalaman X5, homologasi i8 bisa dilakukan lebih cepat.

Saat ini i8 dijual Rp 3,5 miliar –off the road, kemungkinan besar jika X5 xDrive40e ikut dipasarkan harganya bakal lebih murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com