Kompas.com - 18/08/2016, 19:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – Komunitas pecinta truk Mitsubishi Fuso, yaitu Canter Mania Indonesia Community (CMIC), meriahkan booth Fuso di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Tidak kalah dengan komunitas mobil penumpang, mereka juga turut membawa serta truk kesayangan.

Komunitas truk ini sudah terbentuk sejak tahun 2013 dan dengan beranggotakan 12.000 orang. Anggotanya bukan hanya dari pemilik truk, tetapi juga pengemudi, mekanik, dan pecinta truk. Tipe truk Colt Diesel ini, lebih dikenal di lapangan dengan sebutan Canter, yang berarti "kuda ngebut".

Istimewa Canter Mania Indonesia Community (CMIC).
Ciri khas yang menarik perhatian dari truk-truk komunitas ini adalah modifikasi, lukisan gambar dan kata-kata menarik, yang dituangkan di badan truk. Ini kerap menjadi perhatian, karena kata-kata tersebut kadang pnya makna yang jenaka.

Zainur, Ketua Komunitas CMIC mengakui, kalau anggotanya memang melakukan berbagai modifikasi, namun mereka tidak melupakan fungsi utama dari sebuah truk, untuk mendukung kelancaran bisnis.

"Semua modifikasi dilakukan sesuai prosedur keselamatan tanpa mengurangi fungsinya. Modifikasi yang dilakukan justru dapat menambah performa,” ujar Zainur dalam siaran resminya, Kamis (18/8/2016).

Tepat di tanggal 17 Agustus 2016 kemarin, populasi Colt Diesel telah mencapai 986.289 unit. KTB yakin, angka satu juta unit akan tercapai dalam waktu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.