Premium ”Dibunuh” Pelan-pelan oleh Pertamina

Kompas.com - 12/08/2016, 13:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif – PT Pertamina (Persero) mengklaim sudah berhasil memindahkan 50 persen konsumen bensin jenis Premium ke Pertalite. Hal ini memicu perusahaan untuk terus melakukan edukasi dan sosialisasi untuk pelan-pelan memindahkan konsumsi bensin ke tingkat lebih tinggi.

Hal tersebut diutarakan Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang usai meluncurkan Pertamax Turbo, di Tangerang, (11/8/2016). Menurutnya, target memindahkan konsumen Premium ke Pertalite sebanyak 30 persen sudah terlewati.

”Kalau sudah begini, tahun depan otomatis, enggak usah dipaksa (konsumen) pakai Premium. Tahap selanjutnya, Pertalite kita habisin lagi ganti Pertamax. Memang harus pelan-pelan, supaya tidak kaget. Beli Pertamax aja ngomel, makanya kita keluarkan Pertalite dulu,” kata Bambang kepada wartawan.

Kesannya saat ini, Pertamina ”membunuh” Premium pelan-pelan. Ada beberapa laporan masyarakat yang menyatakan bahwa bensin RON88 itu mulai sulit ditemui di SPBU. Ditanya soal ini, Bambang menepis ada kesengajaan mengurangi pasokan.

”Premium masih ada, tapi memang targetnya hingga akhir tahun. Kalau sudah tinggal sedikit, SPBU ada yang mau jual nggak? Bisa jual mungkin kalengan. SPBU kalau sehari enggak ada 1 ton (penjualannya) mana ada yang jual?,” ucap Bambang.

Secara harga, sebenarnya Premium dan Pertalite beda tipis. Di Jakarta, saat ini Premium dijual Rp 6.550 per liter, sedangkan Pertalite dipatok Rp 6.900 per liter, alias beda cuma Rp 350.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.