Volkswagen Siap "Angkat Kaki" dari Korsel

Kompas.com - 12/07/2016, 11:31 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Seoul, KompasOtomotif – Menteri Lingkungan Hidup Korea Selatan (Korsel) Yoon Seong-kyu mengatakan, bakal memberikan keputusan pada akhir bulan ini, terkait dengan Volkswagen. Keputusan tersebut berisikan apakah akan mencabut dokumen Volkswagen, yang diduga palsu.

Diberitakan Reuters, Senin (11/7/2016), Volkswagen di Korsel sedang dalam masa krisis. Pemerintah Korsel menuduh pabrikan Jerman itu memalsukan dokumen tes emisi dan kebisingan.

Cerita awalnya terjadi pada awal tahun ini saat jaksa meminta dilakukan investigasi lokal setelah Volkswagen mengaku melakukan pelanggaran uji emisi di Amerika Serikat (AS) pada September 2015.

Setelah lima bulan investigasi di dalam negeri, hasilnya menemukan bahwa VW meletakan sistem kontrol emisi pada 32 model, merek Volkswagen, Audi, dan Bentley,  termasuk di antaranya Golf 1.4 TSI, Golf 2.0 GTD, Audi RS7, dan Audi A8. Konsumen sudah melakukan aksi lewat jalur hukum, tapi Volkswagen menolak ganti rugi.

Belum selesai sampai di situ, sebab pada bulan lalu, salah satu eksekutif Volkswagen Korsel ditangkap atas perintah pengadilan karena terlibat pemalsuan dokumen. Penangkapan itu semakin menguatkan dugaan Volkswagen bersalah.

Jika saja menteri memerintahkan dokumen itu dicabut maka penjualan Volkswagen bisa dipastikan berhenti. Sebanyak 27 dari 32 model dijual di Korsel saat ini.

Wakil lokal Volkswagen dan Audi di Korsel menyatakan akan menunggu keputusan menteri sambil menyiapkan strategi, termasuk menempuh jalur hukum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.