Kompas.com - 18/06/2016, 03:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya untuk musim mudik saja, perhatian para pemilik bus angkutan atau Pengusaha Otobus (PO) harus dilakukan setiap saat. Salah satunya dari sisi perawatan dan pemeriksaan rutin, karena ini tentu menyangkut keamanan dan keselamatan penumpang.

Irwan Supriyono, Senior Executive Officer, Service and Sparepart Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berpesan, tanggung jawab ini bukan hanya bagi pengusahanya tapi juga petugas pengemudi bus itu sendiri. Caranya dengan melakukan pengecekan rutin sebelum mengoperasikan bus.

“Kami memiliki beberapa anjuran langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh para supir bus sebelum membawa penumpang. Tips ini sebaiknya memang dilakukan oleh seluruh pengemudi bus,” ujar Irwan, Kamis (16/6/2016).

Irwan melanjutkan, beberapa tahapan pemeriksaan singkat sebelum beroperasi, ditujukan dalam mengantisipasi sedini mungkin kerusakan yang bakal terjadi, dan kendala itupun bisa langsung segera diperbaiki. Sehingga dalam perjalanan, tidak mogok di jalan atau bahkan terhindar dari hal yang membahayakan,” ujar Irwan.

Pemeriksaan singkat tersebut dilakukan memutar, dimulai dari bagian depan sebelah kanan, dan berputar ke arah kiri kendaraan, begitu seterusnya.  Detail pengecekannya antara lain.

- Periksa kondisi ban dan roda depan kanan

- Periksa lampu depan, kaca, wiper dan komponen di bagian depan lain

- Periksa kondisi ban dan roda depan sebelah kiri

- Periksa kondisi ban dan roda belakang sebelah kiri

- Periksa oli mesin, air radiator, tali kipas, lampu belakang dan komponen penting lain

- Periksa kondisi ban dan roda belakang kanan

- Periksa kondisi baterai dan tutup tangki solar

- Periksa speling pedal rem, kopling, dan meter dasbor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.