Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Hino untuk Para Supir Bus

Kompas.com - 18/06/2016, 03:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya untuk musim mudik saja, perhatian para pemilik bus angkutan atau Pengusaha Otobus (PO) harus dilakukan setiap saat. Salah satunya dari sisi perawatan dan pemeriksaan rutin, karena ini tentu menyangkut keamanan dan keselamatan penumpang.

Irwan Supriyono, Senior Executive Officer, Service and Sparepart Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berpesan, tanggung jawab ini bukan hanya bagi pengusahanya tapi juga petugas pengemudi bus itu sendiri. Caranya dengan melakukan pengecekan rutin sebelum mengoperasikan bus.

“Kami memiliki beberapa anjuran langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh para supir bus sebelum membawa penumpang. Tips ini sebaiknya memang dilakukan oleh seluruh pengemudi bus,” ujar Irwan, Kamis (16/6/2016).

Irwan melanjutkan, beberapa tahapan pemeriksaan singkat sebelum beroperasi, ditujukan dalam mengantisipasi sedini mungkin kerusakan yang bakal terjadi, dan kendala itupun bisa langsung segera diperbaiki. Sehingga dalam perjalanan, tidak mogok di jalan atau bahkan terhindar dari hal yang membahayakan,” ujar Irwan.

Pemeriksaan singkat tersebut dilakukan memutar, dimulai dari bagian depan sebelah kanan, dan berputar ke arah kiri kendaraan, begitu seterusnya.  Detail pengecekannya antara lain.

- Periksa kondisi ban dan roda depan kanan

- Periksa lampu depan, kaca, wiper dan komponen di bagian depan lain

- Periksa kondisi ban dan roda depan sebelah kiri

- Periksa kondisi ban dan roda belakang sebelah kiri

- Periksa oli mesin, air radiator, tali kipas, lampu belakang dan komponen penting lain

- Periksa kondisi ban dan roda belakang kanan

- Periksa kondisi baterai dan tutup tangki solar

- Periksa speling pedal rem, kopling, dan meter dasbor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com