Hino Siap Andil untuk Jadi Penyedia “Uji Kir”

Kompas.com - 17/06/2016, 18:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengawasi kondisi bus-bus atau mobil angkutan umum, yaitu dengan menyelenggarakan uji berkala kendaraan. Namun, sarana yang terbatas, lokasi uji berkala kurang cukup menampung banyaknya kendaraan yang datang, sehingga banyak yang tidak terkontrol.

Agar sarananya bisa memadai, pemerintah daerah bahkan pernah mewacanakan untuk menggandeng pihak swasta. Namun sampai saat ini belum ada kelanjutan dari rencana tersebut.

(Baca : Dishub Ingin Ada Balai Uji KIR di Tiap Wilayah Administratif DKI)

Irwan Supriyono Senior Executive Officer Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengatakan, jika pemerintah berencana menggandeng pihak swasta, terkait uji kir, Hino bersedia untuk ambil bagian. Tentu tujuannya untuk menjaga kualitas kendaraan yang beroperasi serta menurunkan angka kecelakaan.

“Saya dengar pernah waktu itu ada wacana menggaet pihak swasta, tapi sampai saat ini belum ada lagi kejelasan. Jika peraturan tertulisnya sudah dikeluarkan, kami akan ikut berpartisipasi, dan berinvestasi untuk menyediakan seluruh fasilitasnya,” ujar  Irwan kepada KompasOtomotif, Kamis (16/6/2016).

Irwan melanjutkan, meski dilaksanakan oleh swasta, pemerintah tetap bisa melakukan  pengawasan ketat,  agar tetap sesuai aturan yang berlaku. Salah satu negara yang sudah memberlakukan sistem ini yaitu Jepang.

“Seperti di Jepang, uji kir itu swasta yang menyelenggarakan, dan yang mengeluarkan sertifikat layak operasi adalah pemerintah. Pihak swasta yang menjadi penyelenggara pun siap terkena sanksi jika tidak sesuai melakukan pengecekan, hingga menyebabkan kecelakaan,” ujar Irwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.