Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator Kemiringan Cegah Ban Aus Sebelah

Kompas.com - 15/06/2016, 16:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setiap ban memiliki tread wear indicator (TWI) buat memantau keausan tapak ban, tapi tidak semua punya fitur tambahan alignment indicator atau indikator keselarasan ban. Di Indonesia, ban pertama yang menawarkan alignment indicator adalah produk lokal Hankook Kinergy EX sejak 2013.

TWI berguna melihat sejauh mana ketebalan tapak terkikis aspal, bila sudah menyentuh batas maka sudah saatnya diganti. Akan tetapi, alignment indicator secara khusus berguna buat mengetahui apakah posisi ban miring atau tidak.

Alignment indicator berupa dua pasang cekungan di dekat lekukan ban bagian luar dan dalam. Jika saja cekungan itu terkikis berarti posisi ban miring. Hal itu bisa kejadian kalau pemilik jarang melakukan spooring atau balancing.

“Jadi, dengan adanya alignment indicator di Kinergy EX membuat pengecekan keausan ban jauh lebih akurat,” kata Natalia dari Corporate Communications Team Hankook Tire Indonesia, Rabu (15/6/2016).

Pihak Hankook mengatakan, ban dengan alignment indicator cocok buat MPV yang identik dengan kapasitas angkut yang besar. Mobil jenis itu disebutkan punya gaya dorong ke arah samping yang lebih, terutama saat melintasi jalan basah atau rusak.

Menggunakan ban dengan indikator keselarasan memudahkan deteksi masalah sekaligus perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com