Kompas.com - 18/05/2016, 18:31 WIB
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Presiden Mitsubishi Motors, Tetsuro Aikawa, segera mundur dari jabatannya. Langkah ini merupakan buntut dari skandal konsumsi bahan bakar dan emisi yang memukul telak perusahaan, sampai akhirnya saham mayoritas kini dikuasai Nissan Motor Company.

Aikawa (62) akan mundur per 24 Juni 2016, dikutip Autonews, Rabu (18/5/2016), waktu ketika diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Selain itu, direksi lain yang ikut mundur adalah Ryugo Nakao, Executive Vice President in Charge of Quality and Product Strategy.

Pihak Mitsubishi menyatakan akan mengumumkan nama pengganti kedua direksi yang mundur. Dalam keterangan tertulis, pihak Mitsubishi menggunakan desktop calculations untuk menentukan rata-rata konsumsi bahan bakar beberapa model, termasuk Outlander plug in hybrid. Bahkan, tidak melakukan tes pada RVR.

CEO Mitsubishi Osamu Masuko (67) akan bertahan di pucuk pimpinan perusahaan dan sementara menyambi pekerjaan kedua direksi yang mundur. Masuko juga diharapkan tetap pada jabatannya sampai Nissan menyelesaikan kesepakatan mengakuisisi 34 persen saham perusahaan.

Aikawa merupakan insinyur yang bertanggung jawab pada pengembangan pasar mobil kompak khusus di Jepang. Model-model seperti Mitsubishi eK Wagon dan i-series merupakan produk binaannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.