Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Gesits, Calon “Motor Nasional”

Kompas.com - 04/05/2016, 07:02 WIB

Surabaya, KompasOtomotif – Setelah tercetus kerja sama sejak 2015, akhirnya produk kolaborasi Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, diperkenalkan. Adalah prototipe sepeda motor berteknologi listrik bernama Gesits.

Jika jadi diproduksi massal dan dipasarkan, tak muluk jika Gesits dijuluki sebagai sepeda motor nasional pertama dengan teknologi listrik.

Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) merupakan wujud kongret dari kemampuan mahasiswa Indonesia dalam mengembangkan teknologi kendaraan listrik. Konsep kendaraan yang dipercaya akan lestari di masa depan, ketika kebutuhan akan minyak mentah semakin mendesak.

Ketika Gesits pertama kali diperkenalkan di Gedung Riset Mobil Listrik, Kampus ITS, Surabaya, KompasOtomotif berkesempatan untuk melihat lebih dekat seperti apa produk ini. “Semua sasis masih dibuat hand made, karena masih prototipe. Tetapi, teknologi yang diaplikasi oleh Gesits, sama sama canggihnya dengan Zero (sepeda motor listrik dari AS),” kata Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo.

Baca Juga : Buka-bukaan Jeroan Motor Listrik Nasional Garansindo-ITS

Dari pandangan mata, Gesits terlihat lebih angker, berkat kelir hitam yang melekat di seluruh tubuhnya. Wujud ini berbeda dengan model sama yang lebih dulu bocor via video, di mana bodinya berkelir putih. Permainan lampu utama yang sudah LED, dengan sein tipis menempel di lis fairing depan, mengesankan desain futuristik.

Wisnu Guntoro Adi Posisi baterai terdapat di balik jok.

Muhammad Nur Yuniarto, Ketua Gesits, mengatakan, seluruh teknologi alias jeroan skuter listrik ini menggunakan merek Iquteche yang sudah dipatenkan oleh ITS. Motor listrik, sistem penyaluran tenaga, sampai aplikasi android yang menjadi panel meter pada prototipe ini merupakan hasil karya ITS.

 Saat diketok bagian fairing depan, lokasi dudukan lampu, masih menggunakan plat besi. Sedangkan untuk bodi samping sudah plastik. Komponen pendukung lain, seperti pelek, ban, spion, lampu, dan rem, masih mengandalkan produk-produk after market yang sudah menjamur.

“Untuk beberapa komponen, kami sudah melakukan seleksi beberapa UKM di Indonesia. Jadi kami pastikan komponen yang digunakan merupakan pasokan yang benar-benar dari perusahaan lokal,” kata Nur.

Baca juga: Skutik Listrik Garansindo-ITS “Pinjam” Teknologi Zero

Gesits merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dibekali baterai lithium ion, dapat menempuh jarak sejauh 80 km - 100 km untuk satu kali pengisian baterai. Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 - 4 jam, menggunakan colokan rumahan. Sedangkan dengan charger khusus, hanya butuh waktu sekitar setengah jam.

Gesits diklaim bisa mencapai kecepatan maximum 100 kpj, bisa disetarakan dengan motor berbahan bakar konvesional bertenaga 125cc. Perbedaan utamanya, Gesits tidak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali sehingga kendaraan ini dipercaya mampu menjadi solusi pengurangan polusi di Indonesia dan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com