Ganti Jok Baris Kedua Innova Jadi "Captain Seat"

Kompas.com - 25/04/2016, 16:51 WIB
Modifikasi Vertue ConceptModifikasi "captain seat" pada Kijang Innova.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Captain seat digolongkan jadi fitur mewah, maka itu biasanya hanya ada pada model MPV varian tertinggi. Tapi jangan khawatir buat yang tertarik, sebab sekarang sudah banyak rumah modifikasi yang menawarkan paket pembuatan captain seat buat model yang belum tersedia.

Salah satunya Vertue Concept. Di bengkel ini, interior mobil diperlakukan sama seriusnya seperti menggarap penampilan luar atau detail upgrade jeroan mesin.

Edy, pemilik Vertue yang bekerja sejak 12 tahun yang lalu mengatakan, ada dua jenis pembuatan captain seat, yaitu bikin baru secara terpisah lalu dipasang atau modifikasi jok asli bawaan hingga jadi captain seat.

Kali ini yang akan dibahas adalah pilihan nomor dua. Jok baris kedua yang seharusnya buat tiga penumpang dipotong lalu dibentuk hingga jadi dua jok individu.

“Bikin captain seat buat Innova Rp 3,5 juta, kalau Alphard Rp 5 juta. Itu sampai jadi,” kata Edy di bengkelnya di Sunter, Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Biaya itu sudah termasuk upah kerja, pelapisan, pemasangan, dan pembuatan arm rest. Edy mengatakan ada tambahan engsel yang harus dilas ke struktur jok untuk arm rest.

Biaya ubah jok lama jadi captain seat  lebih murah ketimbang beli produk aksesori dari bengkel resmi. Misalnya, Innova dikatakan harganya Rp 6 juta – Rp 6,5 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu ada konsekuensinya, karena sudah diubah jadi captain seat maka pemilik tidak punya cadangan kalau mau kondisi kabin seperti semula. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.