Kompas.com - 19/04/2016, 08:41 WIB
Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar. huffingtonpost.comPerhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Mengisi ban dengan nitrogen memang lebih mahal, daripada menggunakan angin biasa. Namun, ada harga tentu ada kualitas dan keuntungan yang diberikan oleh nitrogen.

Hery Maylanda, Consumer Product Planning Bridgestone mengatakan, mengisi ban dengan nitrogen memang lebih dianjurkan. Efek ke depannya bisa membuat ban menjadi lebih tahan lama.

“Rekomendasi tentu menggunakan nitrogen, ini bisa buat ban lebih awet. Tidah hanya ketika menggunakan ban baru, tetapi juga untuk seterusya,” ujar Hery kepada KompasOtomotif (Rabu (6/4/2016).

Penjelasannya, kata Hery, udara biasa yang dimasukkan ke dalam ban, mengandung uap air. Semakin banyak uap air yang ada, maka bisa meresap masuk ke lapisan ban, melalui pori-pori ban.

“Di dalam lapisan ban ada yang namanya steel belt (sabuk baja), kalau komponen ini terkontaminasi dengan air. Lantas ketika sudah terkena air, lama kelamaan bisa menjadi  berkarat,” ujar Hery.

Hery melanjutkan, kalau komponen steel belt sampai berkarat, maka yang akan terjadi yaitu pelepasan antara steel belt dengan lapisan lain. “Itu namanya separation, pemisahan antara lapisan di dalam ban, yang berujung pada kerusakan yang lebih cepat dari seharusnya,” ujar Hery.

Maka dari itu, tutur Hery, alangkah baiknya jika menggunakan nitrogen. “Bukan hanya tidak mengandung air, nitrogen juga bisa menjaga tekanan ban tetap stabil, dan ban lebih awet,” ujar Hery.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.