Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Bangkok

Berkunjung ke "Markas" Isuzu di Thailand

Kompas.com - 28/03/2016, 08:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Thailand merupakan salah satu basis produksi terbesar Isuzu di Asia Tenggara, khususnya di segmen Light Commercial Vehicle (LCV). Beberapa model andalan, seperti pikap D-Max dan Sport Utility Vehicle (SUV) MU-X diproduksi di negara ini.

Selain itu, Thailand juga merupakan basis ekspor Isuzu untuk kedua model ke seluruh dunia, mengandalkan dua fasilitas, yakni Gateway Plant dan Samrong Plant.

Lewat undangan ekslusif PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), KompasOtomotif bersama jurnalis lain, Rabu (22/3/2016), berkesempatan mengunjungi markas Isuzu ini, tepatnya ke Samrong Plant, di Samutprakam, Thailand. Pabrik ini merupakan dapur Isuzu untuk memproduksi D-Max dan MU-X, sedangkan Gateway Plant fokus merakit truk.

General Manager Isuzu Motors International Thailand Yohei Kato, mengatakan, pabrik ini sehari bisa memproduksi 800 unit D-Max dan 150 unit MU-X. Komposisinya untuk D-Max terdiri dari kabin ganda, kabin tunggal, dan extra cab (space cab).

“Total karyawan di pabrik ini (Samrong) 2.000 orang dan di Gateway 2.000 orang,” ujar pria berbangsa Jepang itu.

dok.Isuzu Proses perakitan Isuzu MU-X di pabrik Samrong, Thailand.

Pabrik yang memiliki kapasitas produksi 240.000 unit per tahun ini berdiri di atas lahan seluas 231.400 m2. Fasilitasnya terdiri dari frame assembly, axle mounting, engine mounting, cab mounting, body assembly, painting hingga final inspection.

Kato melanjutkan, D-Max itu sendiri mulai diproduksi di Thailand pada Mei 2002. Selanjutnya, di 2011 memproduksi All New D-Max dan di 2013 pabrik tersebut mulai merakit MU-X. Pekerjanya hampir sebagian besar masih mengandalkan tenaga manusia, namun sudah ada yang menggunakan robot.

“Pabrik ini tidak hanya untuk pasar lokal, tetapi melakukan ekspor ke beberapa negara seperti Australia, Timur Tengah, hingga Indonesia,” kata Kato.

dok.Isuzu Proses perakitan Isuzu MU-X di pabrik Samrong, Thailand.

Saat kunjungan ke pabrik tersebut, sayangnya pihak Isuzu tidak memperbolehkan awak media mengambil gambar dalam bentuk apapun. Hanya orang Isuzu yang diperbolehkan mengabadikan momen perakitan dari nol hingga menjadi satu unit kendaraan.

Sejarah Singkat

Isuzu berada di Thailand pada Maret 1957, saat itu statusnya masih sebagai pengimpor. Lantas di November 1963 mulai memproduksi TDX, TWD model dan di April 1966 menjadi Isuzu Motor Co dan Desember 1974 lanjut produksi pikap KB-20 model.

Berlanjut November 1997, mulai membangun kantor pusat sekaligus meresmikan pabrik Gateway di Gateway City Industrial Estate, Huasamrong, Plaeng-Yao, Chachoengsao, Thailand.

Mulai Juli 1999, pikap diekspor ke Australia dan pada November 2013, Isuzu merayakan hari jadi ke-50 tahun di Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com