Kompas.com - 15/03/2016, 08:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif –
Skutik gambot lagi lumayan happening di kota besar, terutama Jakarta. Kehadiran andalan Yamaha NMAX dengan harga yang lebih masuk akal ketimbang kompetitor utamanya, Honda PCX, membuat segmen ini semakin diminati.

Dalam peta persaingan antara kedua model, NMAX masih melenggang di segmen ini. Meski sempat mengalami penurunan di bulan pertama, namun penjualannya kembali menanjak pada Februari 2016.

Pada bulan kedua 2016, data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat, NMAX berhasil terjual hingga 13.999 unit, naik 18,9 persen dibanding Januari, cuma 11.772 unit.

Hasil yang terasa penuh percaya diri ini, seolah mempecundangi Honda PCX yang semakin jauh tertinggal. Pada Janurari 2016, PCX terjual 269 unit, kemudian naik menjadi 343 unit pada Februari 2016.

Sebagai sudut pandang, Honda menawarkan PCX dalam satu varian, dengan banderol Rp 39,8 juta. Sedangkan, Yamaha melepas NMAX dalam dua varian, standar Rp 24 juta dan ABS Rp 27,9 juta. Semua harga berlaku on the road Jakarta.

“Kami bersyukur NMAX masih bisa diterima konsumen. Terima kasih kepada konsumen yang sudah membeli produk Yamaha NMAX,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada KompasOtomotif, Senin (14/3/2016).

Terkait dengan rumors akan datangnya pesaing NMAX dari Honda, Forza. Masykur belum bisa mengatakan apa-apa. “Saat ini kami belum punya ide, karena kami belum mengetahui seperti apa sepesifikasi kompetitor NMAX,” ujar Masykur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.