"Mobil Murah" Juga Bisa Penuhi Euro IV

Kompas.com - 11/03/2016, 11:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
– Standar emisi gas buang hasil pembakaran mesin mobil di Indonesia, saat ini masih mengacu pada Euro II. Rencananya, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) siap meresmikan Euro IV tahun ini.

Ketika diminta tanggapan soal ini, Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengatakan, sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Tanah Air, Datsun sudah pasti akan mengikuti semua peraturan dari pemerintah. Tetapi, untuk saat ini belum bisa berkomentar banyak.

“Sebenarnya masih terlalu cepat untuk memberikan komentar. Tetapi, kita sebagai ATPM akan ikut rencana pemerintah,” kata Indri sapaan akrab Indriani kepada KompasOtomotif, Kamis (10/3/2016) sore.

Lantas, jika regulasi tersebut sudah mulai diberlakukan apakah Datsun sudah siap? Menurut Indri, tidak bisa dibilang siap atau tidak, sebab kondisi dan detailnya seperti apa belum jelas. Pihak perusahaan harus mempelajari semua isi dari peraturannya.

“Kita masih belum tahu kondisinya (mekanisme penerapan Euro IV). Selama ini kan masih wacana,“ kata Indri.

Sekarang ini, draft peraturan emisi Euro IV sudah diserahkan ke biro hukum. Jika sudah ditandatangani tahun ini, penerapannya baru dilakukan 2018 untuk kategori mobil baru (new product). Sementara kendaraan yang sedang berjalan teknologinya saat ini (current product), baru bisa ikut pada 2020.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.