Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/03/2016, 10:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor produksi baru kebanyakan sudah mengadopsi rem cakram, setidaknya pada roda depan. Jenis sistem pengereman ini diklaim punya performa lebih baik dibanding tromol.

Salah satu komponen rem ini yang mudah dikenali, adalah piringan (disc) cakram, biasanya berbentuk lingkaran, walaupun ada juga yang tidak. Pada piringan itu, biasanya juga terdapat banyak lubang-lubang, yang biasa dimanfaatkan biker, sebagai jadi dudukan atau pegangan gembok.

Namun, apakah lubang memang tersebut dibuat untuk fungsi menempatkan gembok, yang biasa dilakukan biker, untuk menghindari pencurian? Atau ada fungsi lain dari lubang-lubang pada rem cakram?

Dua Fungsi

M Abidin, GM Aftersales Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan maksud  dari lubang tersebut. Dirinya mengatakan, desain cakram seperti itu memiliki dua fungsi utama.

“Lubang pada cakram punya dua tujuan, pertama untuk mempermudah proses pelepasan panas. Pelepasan panas yang dimaksud yaitu gesekan yang terjadi saat pengereman, antara piringan dan kanvas rem,” ujar Abidin kepada KompasOtomotif, Rabu (9/3/2016).

Kemudian yang kedua, lanjut Abidin, lubang-lubang dibuat untuk pengurangan bobot kendaraan. Selain itu, banyaknya lubang juga ditentukan oleh kebutuhan daya rem.

"Ini biasanya disesuaikan dengan besarnya power motor yang digunakan , sehingga pengendalian total sepeda motor akan seimbang, antara power mesin dan power pengeremannya," tutur Abidin.

“Jadi lubang tersebut, bukan didesain untuk tempat gembok cakram,” ujar Abidin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.