Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan BBM untuk Euro IV Belum Sinkron

Kompas.com - 07/03/2016, 17:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
– Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) siap meresmikan standar emisi Euro IV tahun ini. Draft peraturannya sudah diserahkan kepada biro hukum dan mulai berlaku di 2018 untuk mobil baru (new product) dan kendaraan yang sedang berjalan saat ini (current product) di 2020.

Lantas pertanyaannya, apakah pertamina sebagai penyedia bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia sudah siap jika peraturan itu digulirkan?

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro, menerangkan, bahwa Pertamina sudah punya rencana untuk meningkatkan kapasitas dan kompleksitas kilang minyak untuk memproduksi BBM di atas Euro II.

“Kita sedang meningkatkan kapasitas kilang minyak. Nantinya kalau sudah tinggi akan semakin fleksibel mengolah minyak mentah dari mana saja,” ujar Wianda saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (7/3/2016).

Tetapi, lanjut Wianda, Pertamina tidak bisa langsung loncat ke Euro IV, harus secara bertahap dan butuh waktu yang cukup lama. Tahapan itu sendiri membutuhkan waktu tiga hingga empat tahun, begitu juga seterusnya.

“Kita bisa secara bertahap, karena untuk membangun kilang ini tidak bisa cepat. Tahap pertama kita dari Euro II, ke III dulu, lalu ke IV. Harapannya di 2020 atau 2021 sudah bisa memproduksi Euro III,” ungkap Wianda.

Wianda melanjutkan, jika dilihat dari kilang yang dimiliki Pertamina saat ini di Cilacap, Jawa Tengah, Balikpapan, Dumai, dan Balongan, Jawa Barat, sudah siap hanya tinggal ditingkatkan.

“Nantinya itu kalau sudah ditingkatkan, kapasitas produksi BBM di masing-masing kilang akan bertambah 100.000 barrel per hari,” kata Wianda.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.