Standar Emisi Euro IV Siap Diteken

Kompas.com - 07/03/2016, 08:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif
– Setelah menuai banyak permintaan dari para produsen mobil tanah air, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), akhirnya siap meresmikan standar emisi Euro IV tahun ini. Saat ini draft peraturan sudah diserahkan kepada biro hukum.

Dasrul Chaniago, Direktur Pengelolaan Udara KLHK mengatakan, penetapan ini seperti yang diharapkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Peraturan menteri ini tentunya akan melindungi mereka memasarkan produk di dalam negeri.

“Untuk pasar dalam negeri, tentunya dengan peraturan menteri ini, yang mana kami juga mengikutsertakan Pertamina sebagai penyedia bahan bakar minyak (BBM) saat merumuskan. Mereka (produsen mobil) pastinya tidak ingin, ketika sudah produksi mobil Euro IV tapi tidak laku di sini, karena terkait standar BBM yang tinggi,” ujar Dasrul, Sabtu (5/3/2016).

Dasrul melanjutkan, jika kita masih disibukkan dengan Euro II, maka pasar ekspor mobil Indonesia bisa terpuruk. Pasalnya negara-negara tetangga yang juga pesaing, seperti Malaysia dan Thailand sudah Euro IV dan Singapura Euro V.

“Gaikindo juga sudah meminta untuk menerbitkan Euro IV itu, karena khawatir dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kalau kita masih Euro II, tetangga-tetangga kita akan bergerak dan bisa-bisa  kita tidak lagi melakukan ekspor,” ujar Dasrul.

Nantinya, jika peraturan Euro IV ditandatangani tahun ini, seperti yang disampaikan Dasrul, akan berlaku pada 2018, untuk kategori mobil baru (new product). Sementara untuk kendaraan yang sedang berjalan teknologinya saat ini (current product), baru bisa ikut pada 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.