Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Siapkan Segala Kebutuhan Rio Berlaga dalam F1

Kompas.com - 18/02/2016, 19:26 WIB
Achmad Faizal

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif — Ikatan Motor Indonesia (IMI) berjanji akan mendukung apa pun jenis lisensi yang dibutuhkan pebalap Rio Heryanto untuk berlaga dalam balap Formula 1. Komitmen ini diberikan, mengingat bakat dan semangat Rio untuk mengharumkan nama Indonesia dalam ajang balap paling bergengsi di dunia tersebut.

"Tanpa diminta, kami akan support semua kebutuhan lisensi Rio Haryanto untuk menuju arena Formula 1," kata Ketua Umum IMI Sadikin Aksa di sela Rakernas IMI di Surabaya, Sabtu (13/2/2016).

IMI adalah badan regulasi dan mediasi yang mengeluarkan lisensi atau rekomendasi untuk atlet balap yang akan berlaga di dalam ataupun luar negeri.

"Rio pasti akan membutuhkan lisensi dari IMI, baik itu lisensi sponsor, atau lisensi kelengkapan administrasi lainnya," kata Sadikin.

KOMPAS.com/Achmad Faizal Ketua Umum IMI, Sadikin Aksa

Dia juga berharap, pemerintah segera merealisasikan janjinya untuk mendukung aspek finansial yang dibutuhkan Rio untuk berlaga dalam Formula 1 musim tahun ini, mengingat semakin dekatnya waktu penyelenggaraan. Untuk dapat berlaga dalam Formula 1, Rio harus membawa dana sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp 225 miliar. 

Pertamina sebagai sponsor utama Rio sudah menyiapkan dana sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp 75 miliar, sementara pemerintah menjanjikan dana Rp 100 miliar.

Tim Formula 1, Manor Marussia, masih memberikan kesempatan kepada Rio dalam beberapa waktu ke depan untuk mengisi satu kursi kosong karena mantan pebalap pengganti Mercedes, Pascal Wehrlein (Jerman), sudah memastikan bahwa dirinya meraih kursi pertama tim Manor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com