Persiapan Suzuki Indonesia Menyambut Jimny

Kompas.com - 09/02/2016, 07:23 WIB
Suzuki Jimny dok.SuzukiSuzuki Jimny
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap meluncurkan Jimny pada kuartal kedua tahun ini. Sebelum resmi dijual, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Suzuki di Tanah Air itu terus berbenah, terutama mempersiapkan kualitas layanan purna jual, termasuk servis dan ketersediaan suku cadang.

Riecky Patrayudha, Kepala Servis Roda Empat dan Dua SIS mengatakan, saat ini tiga orang perwakilan dari perusahaan tengah di Jepang untuk mempelajari teknologi dan mesin Jimny yang bakal di jual ke Indonesia. Dari tiga mekanik ini, akan disalurkan pengetahuan dan teknik penjunjang kepada seluruh jaringan layanan purna jual Suzuki di Indonesia.

Pelatihan langsung ke Jepang dianggap perlu karena model Jimny, sudah punya teknologi yang berbeda dari "Suzuki Katana", generasi terakhir yang sempat dipasarkan di Indonesia oleh Indomobil pada 2005.

“Terutama yang 4x4, karena kita sudah lama tidak menjual 4x4. Kalau Jimny yang terakhir kita jual itu semuanya benar-benar manual, tapi yang baru ini benar-benar canggih,” ujar Riecky saat berbincang dengan KompasOtomotif, di acara media gathering di Jakarta, Jumat (5/2/2016) malam.

Setelah belajar di Jepang, kata Riecky, mekanik tersebut akan mengajarkan kepada seluruh mekanik Suzuki yang tersebar di Indonesia. Pembelajarannya minimal satu pekan, bahkan jika ada teknologi baru bisa mencapai dua pekan.

“Kita punya sembilan local training center (Medan, Jambi, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Bali). Masing-masing daerah trainer-nya kita ambil untuk belajar. Kalau daerahnya jauh biasanya kita tarik ke Manado atau Makassar untuk belajar di sana,” ungkap Riecky.

Lebih dari itu, lanjut Riecky, kebiasaan SIS, jika ada produk baru, tiga bulan sebelum mulai penjualan, mekanik sudah mempelajari teknologi dan mesin produk tersebut dan satu bulan menjelang peluncuran, semua bengkel sudah harus mengerti.

“Jadi mereka sudah pasti bisa menangani jika produk tersebut sudah mulai dijual di pasaran,” kata Riecky.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.