Daftar Mobil Baru "Duet Korsel" Sepanjang 2016

Kompas.com - 07/01/2016, 15:49 WIB
Penampilan baru Kia Sportage yang semakin gagah dan kaya fitur. leftlanenewsPenampilan baru Kia Sportage yang semakin gagah dan kaya fitur.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Perjanjian perdagangan bebas ASEAN-Korea Free Trade Area (AK-FTA) bakal melicinkan bisnis merek asli Korea Selatan di Indonesia. Mulai 2016 pajak bea masuk mobil impor Korsel diringankan menjadi tinggal 5 persen, keuntungan ini jadi andalan membawa produk baru.

Gejolak ekonomi yang terjadi pada 2015 menggoyang kinerja dua merek Korsel di dalam negeri, Kia dan Hyundai. Meski begitu bukan berarti kedua merek itu berjalan pada 2016 wajah sambil menunduk.

Dari berbagai informasi model baru sudah dipersiapkan meluncur tahun ini. Logiknya tentu sesuai strategi global masing-masing merek.

Worldcarfans Kia Sorento 2015 di Paris Motor Show
Kia

Sorento dan Sportage terbaru dapat jadwal meluncur di Indonesia pada tahun ini. Kia sudah pernah mengatakan ingin menjual Carnival bermesin diesel tapi belum kesampaian di 2015, kemungkinan besar MPV di atas Carens itu diperkenalkan tahun ini.

Hyundai

Tahun lalu, Hyundai Indonesia langsung meluncurkan tiga model baru sekaligus, yaitu SUV Santa Fe Dspec, hatchback New Grand Avega, dan van Starex Mover. Tahun ini hanya tinggal menunggu waktu sampai akhirnya generasi terbaru SUV Tucson yang sudah mendebut di Geneva Motor Show 2015 meluncur di Indonesia.  

India sudah meluncurkan SUV kompak baru bernama Creta pada pertengahan 2015, meski begitu belum ada kepastian bakal diluncurkan di Indonesia. Dibanding Kia, Hyundai di Indonesia memang kurang bergairah. Dari gosip yang berkembang perbaikan mayor kondisi internal sedang digodok agar tetap eksis di dalam negeri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X