Laporan Langsung dari Tokyo, Jepang

Kendala Daihatsu Copen di Indonesia

Kompas.com - 28/10/2015, 08:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah resmi menjual Daihatsu Copen sejak Mei lalu untuk pasar otomotif nasional. Copen dijual berdasarkan pemesanan, dan hanya tipe transmisi manual yang dijual bebas kepada publik.

Namun hingga menjelang akhir tahun ini, mobil sport convertible dua kursi itu peminatnya masih terbatas. Meski kubu Daihatsu sendiri menjelaskan bahwa Copen ditawarkan buat mengejar volume penjualan, melainkan hanya menjadi tanda bahwa ADM serius bermain di segmen kei car.

"Copen yang melakukan test drive sudah banyak, tapi memang peminat yang sampai membeli memang terbatas. Menurut saya ada kendala yang dirasakan calon konsumen Indonesia mengenai bodi Copen yang memang mungil," jelas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head, PT Astra International Tbk - Daihatsu Sales Operation (DSO) kepada KompasOtomotif di Tokyo, Selasa (27/10/2015).

Pada awal melepas, ADM menjual Copen dengan dua model transmisi, manual dan CVT. Manual dilepas dengan harga Rp 416.550.000 sementara model CVT dilepas Rp 431.550.000. Hanya saja model CVT khusus ditawarkan terbatas buat kolega Daihatsu.

Namun, akibat melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS, harga Copen pun terkena imbas. Mobil sport kupe convertible dua pintu itu memang diimpor utuh (Completely Buil-up/CBU) dari Jepang, sehingga banderol sangat bergantung pada naik-turunnya nilai tukar rupiah.

“Konsumen banyak yang kaget ketika mendengar harganya. Tapi, meski begitu, Copen tetap ada saja yang membeli, tapi tidak sebagai mobil pertama, melainkan digunakan sebagai mobil ketiga atau keempat karena ini memang mobil untuk yang hobi saja,” jelas Hendrayadi.

Metode penjualan Copen hanya dilakukan sesuai pesanan dan inden. Konsumen bisa menyerahkan tanda jadi pembelian, mendapatkan SPK (Surat Pemesanan Kendaran), dan baru bisa menerima barangnya dalam jangka waktu lima bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.