Kompas.com - 22/10/2015, 07:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar mobil di Indonesia yang sangat menggiurkan membuat banyak merek bersaing di segmen gemuk, salah satunya hatchback segmen-B. Buat yang ingin melesat pakai hatchback tapi bosan dengan para ksatria Jepang, banyak pilihan yang bisa menjadi alternatif.

Pemain-pemain Jepang dalam hal ini adalah Toyota Yaris, Honda Jazz, Mazda2, hingga Suzuki Swift. Sementara para punggawa non-Jepang yang bisa dijadikan alternatif mulai Kia Rio, Hyundai Grand Avega, Chevrolet Aveo, hingga Ford Fiesta.

Keempatnya bukan barang baru, namun masih punya keunggulan dan sangat bersaing dengan para merek-merek Jepang dari sisi fitur, apalagi harga. KompasOtomotif akan memberi panduan tentang sedikit keunggulan dan harga dari keempat model alternatif ini.

Kia Rio

Model ini menjadi salah satu yang tersukses setelah Picanto di Indonesia. Desain cantik khas Peter Schreyer membuatnya mampu bersaing secara tampang. Fitur yang dimiliki cukup seimbang dengan merek merek Jepang, termasuk adanya Eco Mode yang membantu pengemudi menghemat BBM selama perjalanan.

Harga baru mobil ini mulai Rp 224 jutaan untuk tipe transmisi manual dan Rp 238 jutaan untuk tipe transmisi otomatik. Ada juga tipe Platinum yang berbanderol Rp 260 jutaan. Versi bekasnya turun drastis, untuk tahun 2014 di pasaran sudah berada di angka Rp 160-180 jutaan. Tahun di bawahnya bisa ditawar hingga Rp 120 juta.

Ford Fiesta

Bisa dibilang, Fiesta adalah hatchback dengan fitur paling lengkap di kelasnya, seperti pada umumnya model-model Ford. Desain dan ”rasa” bak mobil Eropa sangat terasa, apalagi dilengkapi pilihan mesin ecoboost yang efisien dan bertenaga. Mobil ini bisa menjadi alternatif buat yang ingin fitur lebih dan canggih.

Harga baru mulai Rp 227 hingga Rp 248 juta, terbagi atas empat tipe. Untuk pendamba teknologi mesin ecoboost, siapkan dana lebih, harga terendah Rp 274 juta dan Rp 316 juta untuk tipe titanium. Harga bekas juga turun cukup jauh, tahun 2014 di kisaran Rp 150-170 jutaan. Di bawahnya, bisa sampai Rp 120 juta, bahkan bisa di bawah itu untuk tahun 2011 ke bawah.

Hyundai Grand Avega

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.