Kompas.com - 23/09/2015, 16:29 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Selain menguji mobil murah (low cost green car/LCGC), New Car Assessment Program Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) juga melakukan pengujian apda kendaraan pikap kabin ganda yang dijual di Indonesia. Ada empat merek, diantaranya Chevrolet Corolado, Toyota Hilux, Mitsubishi Triton dan Isuzu D-Max.

Dalam pengujian tersebut, seperti KompasOtomotif kutip dari keterangan resmi ASEAN NCAP, Rabu (23/9/2015) dinilai dari beberapa aspek, seperti Adult Occupant Protection (AOP) dan Child Occupant Protection (COP). Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux mengikuti dua penilaian yakni varian standar dan paling tinggi.

Pada aspek AOP, Hilux menerima rating 5 bintang dengan 14,53 poin, sedangkan Triton dengan varian tertinggi dari penilaian AOP mendapatkan nilai 15,22 atau 5 bintang atau paling baik diantara pikap kabin ganda lainnya.

Chevrolet Colorado mendapatkan nilai 14,19 atau 5 bintang, Hilux di AOP mendapatkan nilai 14,54 atau 5 bintang, Triton varian terendah 13,56 persen atau 4 bintang dan terakhir Isuzu D-Max 11,87 persen atau 4 bintang.

Adapun Triton varian standar mendapatkan skor terendah di aspek COP, yakni hanya 48 persen atau 2 bintang, sedangkan merek lainnya seperti Colorado 3 bintang, D-Max dan Hilux 4 bintang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.