Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Tabrak, New Sirion Raih Rating 4 Bintang

Kompas.com - 10/04/2015, 08:29 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Mobil kota milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), New Sirion baru saja menjalani sesi uji tabrak yang digelar ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP). New Sirion sukses membawa pulang rating empat bintang untuk faktor keamanan penumpang.

Kategori Adult Occupant Protection (AOP) atau perlindungan penumpang dewasa, New Sirion  meraih 11,55 poin dari total keseluruhan 16,00 poin. Sementara Child Occupant Protection (COP) atau perlindungan penumpang anak-anak meraih nilai 34,83 dari total 49 atau 71 persen.

Daihatsu New Sirion yang diluncurkan 14 Februari 2015 di Indonesia merupakan hasil prdduksi Group Daihatsu di Malaysia, Perodua. Di Malaysia, Sirion lebih dikenal dengan nama Myvi, dan telah berhasil menjadi model paling laris sepanjang sejarah pasar otomotif Malaysia.

Menggunakan New Myvi varian 1.3 G model tahun 2015, uji tabrak dilakukan secara frontal dengan kecepatan maksimum 64 kpj oleh Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) PC 3 Lab di Melaka, Selangor.
 
Adapun hasil lengkap ASEAN NCAP New Sirion untuk kategori Child Occupant Protection (COP) meliputi Dynamic Test dengan nilai 16,83 dari nilai maksimal 24. CRS Based Assessment mendapatkan nilai maksimal 12, Vehicle Based Assessment mendapatkan nilai 6 dari nilai maksimal 13, sehingga nilai total yang diperoleh sebesar 34.83 dari total 49 atau 71 persen.

“Kami bersyukur New Sirion berhasil mendapat rating 4 bintang dalam ASEAN NCAP. Kami meluncurkan New Sirion dengan tampilan yang sangat sporty dan fitur keamanan yang lebih baik, lincah bermanuver di jalanan perkotaan di Indonesia, sehingga dapat diandalkan karena memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara,” ujar Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor dalam siaran persnya, Kamis (9/4/2015).

New Sirion di Indonesia tersedia dalam dua varian yakni otomatis dan manual. Ada empat pilihan warna yaitu biru, oranye, silver dan putih. Perubahan pada tampilan terlihat di bemper dan gril depan, spoiler belakangdan Muffler Cutter, sistem audio 2 Din, kontrol audio di batang kemudi, serta Retractable Outer Mirror. Segi keamanan dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Pretensioner dan Force Limiter Seat Belt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com