Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Peduli Penyu di Pulau Sangalaki

Kompas.com - 23/09/2015, 11:17 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Maratua, KompasOtomotif - Setelah donasi untuk keempat Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Maratua, giliran konservasi penyu yang disambangi PT Daihatsu Astra Motor (ADM). Bersama dengan tim Terios 7 Wonders rombongan ADM memberikan kelengkapan fasilitas di Pulau Sangalaki yang menjadi tempat konservasi penyu yang hidup di Kalimantan.

Donasi yang diberikan ADM mulai dari gerbang pintu, kolam penyu, welcoming board dan media edukasi. Hal ini dilakukan Daihatsu sebagai bentuk kerjasama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur bersama Astra Daihatsu Motor.

"Pusat konservasi Penyu Sangalaki sudah sejak 2002 dimulai. Disini ada dua spesies penyu yang biasa tinggal yaitu, penyu hijau (green sea turtle) dan penyu sisik (hawksbill turtle)," ucap I Ketut Sukana dari Pengendali Ekosistem Hutan kawasan Konservasi Penyu Sangalaki kepada KompasOtomotif, (21/9/2015).

Stanley Ravel/KompasOtomotif Anak-anak penyu yang dilestarikan.

Kita bukan menangkar penyu, lanjutnya, tapi kita menyelamtkan telur-telur penyu yang menetas di sini. Kita jaga dan kita amankan lalu setelah malam hari akan kita lepas, ini berfungsi untuk meminimalisasi anak-anak penyu ini dari predator.

Di kawasan Sangalaki ini, satu induk penyu biasanya melahirkan sampai 100 telur, tapi persentas keberhasilannya sangat tipis. Dari 100 tukik (telur penyu) yang bisa bertahan hingga dewasa kemungkinannya hanya ada satu.

"Daihatsu peduli dengan kehidupan penyu, ini sudah kita lakukan sejak lama dan bukan hanya di Kalimantan saja. Untuk di Sangalaki ini memang baru, tapi kedepanya kita akan terus berlanjut," ucap Amelia Tjandra, Marketing Director (ADM) di kesempatan yang sama.

Stanley Ravel/KompasOtomotif Amalia Tjandra memberikan bantuan diwakilkan oleh I Ketut Sukana.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com