Huracan Super Trofeo Tampil Perdana Balapan di Indonesia

Kompas.com - 06/09/2015, 12:32 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Sentul, KompasOtomotif – Lamborghini Blancpain Super Trofeo Series untuk musim balap 2015 digelar di tiga benua, yakni Eropa, Asia dan Amerika. Menariknya, dari seri pertama di Laguna Seca, California, Amerika Serikat (AS) hingga kini berlangsung di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, balapan khusus Lamborghini ini sudah menggunakan model Huracan LP620-2 Super Trofeo.

Pada seri Asia, khususnya di Sirkuit Sentul yang berlangsung 5-6 September 2015, sejumlah pebalap asal Indonesia ikut meramaikan. Di antaranya ada Andrew Haryanto, Fitra Eri, Jhonson Yaptonaga, Ananda Mikola, Wilson Indrajaya, Moreno Soeprapto, Piri Sudjarwo, Cenken K, dan Agus Diki Arisandi.

Dalam balapan seri pertama, Andrew haryanto, Fitra Eri, Jhonson Yaptonaga dan Ananda Mikola menggunakan Lamborghini Huracan LP620-2 yang memiliki tenaga 620 tk. Sore harinya, pebalap di race pertama akan ikut beradu dengan pebalap lokal yang menggunakan Lamborghini Gallardo.

Huracan Super Trofeo pada balapan tahun ini merupakan versi balap yang dikembangkan Lamborghini dengan kolaborasi bersama Dallara Engineering. Merunut sejarahnya, Giampaolo Dallara merupakan seorang ahli mesin Lamborghini yang mengembangkan Lamborghini Miura pada tahun 1963.

Huracan versi jalan raya memiliki mesin V10 dengan tenaga 610 hp dan berpenggerak 4 roda (LP610-4), sementara versi balap memiliki tenaga lebih besar 10 hp dan berpenggerak 2 roda belakang (LP620-2) – yang sengaja disiapkan sebagai transisi bagi para pembalap untuk balapan GT racing. Bobot Huracan Super Trofeo hanya 1270 kg, sehingga membuat weight to ratio-nya 2 kg/hp.

Pemenang race pertama

Secara keseluruhan, pemenang di race pertama diraih oleh Afiq Yazid dari Malaysia, kedua oleh Yuanbo (China), Edoardo Liberrati (Italua) dan ketiga Anthony Liu (China), Davide Rizzo (Italia). Sementata di group AM (amatir) dimenangkan oleh Andrew Haryanto, Fitra Eri (Indonesia) dan Akira Mizutami, Itajime Noma (Jepang).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.