Di Gunung-gunung Inilah Anda Bisa Mendaki dengan Roda Empat!

Kompas.com - 27/08/2015, 16:05 WIB
Menyusuri jalan menanjak dan terjal menuju puncak gunung mampu membakar adrenalin. SHUTTERSTOCKMenyusuri jalan menanjak dan terjal menuju puncak gunung mampu membakar adrenalin.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Di gerbang pendakian ke Puncak Mahameru, Riani tertegun mengagumi atap tertinggi di Pulau Jawa itu, yang sempat tersingkap setelah lama tertutup awan. Memecah kesunyian, tiba-tiba ia mengucapkan petuah Bapak Palang Merah sedunia, Sir Henry Dunant; "Sebuah negara tidak akan pernah kekurangan seorang pemimpin apabila anak mudanya sering bertualang di hutan, gunung, dan lautan".

Mendengar itu, kelima sahabat Riani spontan memandang wajahnya yang masih tersenyum manis menghadap Mahameru. Sambil tersenyum kecil, ia mengepalkan tangan ke atas dan berteriak "Kita berangkat!" Lalu, pendakian enam orang karakter dalam novel "5 cm" karya Donny Dhirgantoro itu pun dimulai.

Memang, bagi banyak orang, perjalanan mendaki gunung kerap meninggalkan kisah tak terlupakan. Bahkan, beberapa orang, seperti Donny misalnya, terinspirasi dan berhasil membukukannya.

Namun, aktivitas tersebut membutuhkan stamina kuat dan waktu tidak sebentar. Untuk naik-turun Mahameru saja contohnya, dibutuhkan waktu sekitar empat hari.

Kendati begitu, ternyata beberapa gunung di Indonesia memberikan alternatif pendakian lain bagi pengunjungnya. Gunung-gunung yang tak kalah indah itu bisa dicapai menggunakan kendaraan roda empat. Selain memotong waktu tempuh, menyetir di jalan menanjak dan terjal juga cukup membakar adrenalin Anda, berikut di antaranya:

Gunung Telomoyo

DOK. KOMPASIANA/SARITRIANA W Pesona pemandangan dari puncak Gunung Telomoyo

Tegak berdiri setinggi 1.894 mdpl, Gunung Telomoyo berada tepat di perbatasan Kabupaten Semarang dan Magelang, Jawa Tengah. Gerbang masuknya berada di Desa Dalangan. Dari sini, Anda tinggal menyusuri jalan beraspal selebar 3-4 meter sampai ke puncak. Jika beruntung, mungkin Anda bisa merekam kepak elang liar sepanjang perjalanan.

Tak hanya keindahan alam. Dari puncak Telomoyo, jika menancap gas sejauh 10 km ke arah lereng gunung, Anda akan menemukan Candi Umbul. Di sini mengalir sumber air panas. Jadi, Anda bisa bersantai meregangkan otot yang tegang di pemandian air hangatnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunung Bromo

BARRY KUSUMA Gunung Bromo.

Dengan mendaki 300 anak tangga, Anda sudah dapat menikmati sentuhan pertama sinar matahari di bibir kawah puncak Gunung Bromo, Jawa Timur. Sebelumnya, Anda cukup duduk di Jeep dari penginapan sampai ke Penanjakan. Lalu, jika terlalu lelah berjalan kaki, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menunggangi kuda sampai ke gerbang tangga.

Memang, akses menuju gunung berapi setinggi 2.392 mdpl ini terbilang cukup mudah. Dari Surabaya, jarak tempuhnya sekitar 85 km. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa mengambil jalur Probolinggo atau Malang.

Lalu, setelah puas dengan sensasi matahari terbit, Anda akan terpukau oleh lautan pasir nan indah seluas 15 km persegi saat menuruni lereng Bromo. Selain itu, pastikan Anda juga meluangkan waktu menikmati keindahan savana di sisi selatan kawah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.