Kompas.com - 24/07/2015, 12:40 WIB
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina (Persero) memulai uji pasar bensin varian baru non-subsidi yang diberi nama Pertalite, Jumat (24/7/2015). Hanya SPBU tertentu yang akan menjual bensin RON 90 itu, dan dijatah cukup terbatas setiap harinya.

Dalam seremoni pengisian perdana Pertalite di SPBU COCO 31.102.02 di Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat, Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan bahwa uji pasar bensin baru ini akan dilakukan dalam waktu yang tak tidak ditentukan.

"Ini adalah tahapan awal. Kalau responsnya bagus, kami akan melaju di tahap selanjutnya. Hanya 101 SPBU di area Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya yang akan menjual Pertalite di tahap ini," kata Dwi.

Rincian SPBU yang menjual Pertalite adalah 68 di wilayah Jabodetabek dan Bandung, serta 33 di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Dwi mengatakan bahwa jatah tiap SPBU hanya 5 kilo liter setiap harinya.

Bagaimana kalau jatah sehari tersebut habis dan ternyata kurang? "Ya itu pertanda baik. Kami akan melakukan langkah selanjutnya jika memang banyak diminati," sahut Dwi.

Memiliki level research octane number (RON) 90, Pertalite membuat pembakaran pada mesin kendaraan dengan teknologi terkini lebih baik dibandingkan dengan Premium yang memiliki RON 88. Pertalite yang dibanderol Rp 8.400 per liter diklaim sesuai untuk kendaraan bermotor roda dua hingga kendaraan multi purpose vehicle ukuran menengah.

KompasOtomotif akan mengupas kriteria mobil atau sepeda motor yang lebih baik menggunakan Pertalite dalam naskah selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.