Mobil Murah Datsun Juga Anti-Pertalite

Kompas.com - 23/07/2015, 18:10 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Sesuai peraturan pemerintah terkait produk mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), produk Datsun tidak disarankan mengonsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru, Pertalite, dengan kandungan RON 90. Datsun Indonesia merekomendasikan pemilik tetap menggunakan BBM RON 92 atau setara Pertamax.

Hingga saat ini ada dua model Datsun yang dipasarkan di Indonesia, yaitu MPV Go+ dan hatchback Go. Keduanya termasuk kelas LCGC dan terikat ketentuan dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, yaitu wajib menggunakan BBM minimal RON 92.

“Datsun sebagai ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) tetap merekomendasikan RON 92. Lebih bagus supaya mesin tetap awet dan efisiensi bahan bakar bisa tercapai,” jelas Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, kepada KompasOtomotif, Kamis (23/7/2015).

Meski begitu, keputusan memilih jenis BBM di lapangan sebenarnya tergantung konsumen. Namun Indriani mengingatkan bahwa garansi mesin akan hangus bila terbukti kerusakan disebabkan pemakaian BBM di bawah RON 92.

“Nanti kita akan lihat cek, kalau bukan karena bensin berarti masih berlaku,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.