Kompas.com - 20/07/2015, 07:02 WIB
EditorAgung Kurniawan
Jakarta, KompasOtomotif - Mengakhiri enam bulan pertama tahun ini, sepertinya sudah layak jika KompasOtomotif menampilkan lima model sepeda motor terlaris di negeri ini. Jangan kaget jika Anda melihat lebih banyak sepeda motor Honda di hampir seluruh jalan protokol Indonesia, karena memang merek ini yang terlaris.

Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat, total penjualan sepeda motor baru sepanjang semester pertama 2015 mencapai 3.174.162 uniit. Dari jumlah ini, dominasi sepeda motor jenis skutik semakin besar, mencakup 75,9 persen terhadap total penjualan atau menyumbang 2.409.664 unit. Sepeda motor jenis bebek (underbone) mengisi peringkat kedua dengan 13,3 persen atau 422.703 unit, sedangkan sport 10,7 persen (341.795 unit).

Dari data ini bisa dipastikan kalau lima sepeda motor terlaris di Indonesia adalah skutik. Faktor kelebihan sepeda motor jenis skutik semakin dicintai masyarakat, lewat keunggulan fungsional, praktis, irit bahan bakar, dan tak ketinggalan desainnya yang futuristik.

Memasuki peringkat pertama sepeda motor terlaris di Indonesia, posisinya masih diduduki oleh jagoan Honda BeAT.  Mode yang bermain di segmen skutik entry level ini berhasil terjual 763.332 unit di seluruh Indonesia. Jika dibagi secara kasar, maka setiap jam terjual 176 unit BeAT di seluruh Indonesia sepanjang Januari-Juni 2015.

Febri Ardani Rekor MURI baru Yamaha Mio M3 mengalahkan prestasi Astra Honda Motor tentang pengujian sepeda motor terlama.
Yamaha berhasil menduduki peringkat kedua model terlaris di Indonesia, lewat Mio M3 125 dengan hasil penjualan, 293.779 unit. Model terlaris ketiga ada Honda Vario 125 dengan perolehan penjualan 285.884 unit. Peringkat keempat, diisi Honda lewat model Vario 150 dengan sumbangan 257.278 unit. Sementara, terlaris kelima juga masih disumbang oleh Honda BeAT Pop, dengan hasil penjualan 220.994 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.