Kompas.com - 19/06/2015, 12:45 WIB
Dual SRS Airbag. Febri ArdaniDual SRS Airbag.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Biasanya di bagian tudung sinar matahari (sun visor) penumpang depan pada mobil dengan kantong udara (airbag), sudah tertera gambar dan penjelasan larangan seseorang dengan tubuh mungil atau anak kecil duduk di jok depan. Bila dicermati sudah jelas mengapa hal itu tidak boleh dilakukan.

Febri Ardani Peringatan larangan anak kecil dilarang duduk di jok depan.

Penting untuk diketahui, apalagi menjelang perjalanan mudik bersama keluarga, kebanyakan sabuk pengaman mobil di bagian depan tidak didesain untuk anak kecil. Ada beberapa syarat penggunaan sabuk tiga titik yang aman, yaitu sabuk bahu harus melintang melewati bahu tapi jangan mengenai leher, sabuk pangkuan harus serendah mungkin di atas pinggul, dan angkur sabuk tidak boleh lebih rendah dari level bahu.

Petunjuk keselamatan yang biasanya tertulis di buku manual itu belum bisa diterapkan dengan sempurna pada anak kecil. Sabuk pengaman tiga titik punya fitur retraktor pengunci darurat (Emergency Locking Retractor/ELR) untuk menghentikan sabuk yang mengendur tiba-tiba dan pretensioner yang berfungsi mengeratkan sabuk bila terjadi kecelakaan. Pada anak kecil terdapat risiko sabuk mencederai leher atau kepala bila kedua fitur itu bekerja.

Jangan dipangku

Sabuk pengaman dirancang hanya untuk satu orang, maka jangan pernah menempatkan anak kecil di pangkuan orang dewasa apalagi pada pengemudi. Bila sabuk melilit di leher atau bagian tubuh lain anak kecil dan tidak bisa dilepas solusi terbaik digunting.

aieg.com Ilustrasi kantong udara mengembang.

Airbag

Airbag penumpang depan dapat mengembung dengan kekuatan yang sanggup menyebabkan kematian atau cedera serius. Jarak teraman menurut buku manual Toyota Fortuner 2014, posisi pengemudi lebih dari 250 mm dari airbag, jarak itu ditentukan dari pusat roda kemudi ke tulang rusuk.

Maka dari itu sudah bisa dibayangkan risiko menempatkan anak kecil di depan pengemudi, hal yang sama juga berlaku untuk penumpang depan.

Rekomendasi lain berkendara aman

1.Posisi duduk pengemudi jangan terlalu dekat dengan kemudi. Jok boleh dimajukan tapi sandaran direbahkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.