Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW i3 Disulap Jadi Bank Berjalan

Kompas.com - 30/04/2015, 07:00 WIB
Warsawa, KompasOtomotif - Inovasi tinggi diperlukan untuk menghadapi tantangan di era modern seperti saat ini. Apalagi buat warga yang terbiasa tinggal dengan aktivitas tinggi dan menuntut semua hal diselesaikan dengan waktu cepat.

Seperti dalam hal perbankan. Biasanya jika ingin mengambil uang tunai dalam jumlah banyak, harus langsung datang ke bank terdekat, menuliskan sejumlah dokumen, antri di teller baru kemudian mendapatkan uang. Bisa juga antre panjang di depan mesin ATM.

Kartu kredit dan ATM mengubah cara kita perbankan menjadi fleksibel. Semakin banyak orang melakukan pembayaran dengan perangkat elektronik. Bank Idea Polandia memberikan inovasi kepada setiap nasabahnya untuk tidak perlu lagi datang ke bank, cukup menggunakan ponsel dan mobil ATM akan mendatang nasabah.

Mereka menciptakan ATM berjalan, dengan menggabungkan mesin ATM ke dalam BMW i3. Mobil-mobil ATM ini dapat dipanggil oleh pengusaha menggunakan aplikasi ponsel pintar dan uang akan datang lokasi mereka. Penyimpanan uang atau deposito juga bisa dibuat dengan cara ini pada hari kerja jika diperlukan.

"Pengusaha yang secara pribadi menggunakan keperluan mereka dengan bank, akan dilayani dengan sistem ini. Ini bertujuan memudahkan beban mereka tanpa harus pergi ke bank atau ATM," kata Dominik Fajbusiewicz, anggota dewan Bank Idea seperti dilansir Autoevolution, Kamis (30/4/2015).

ATM dalam kabin i3 juga memungkinkan bank untuk ekspansi lebih jauh tanpa harus berinvestasi menyewa lahan untuk membangun kantor baru atau membuat mesin ATM. Hanya saja, inovasi Bank Idea ini masih terbatas di kota Warsawa, sebagai kota terbesar di Polandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com