Pabrik Ditutup, GM Indonesia PHK Ratusan Pegawai

Kompas.com - 26/02/2015, 17:50 WIB
Produksi Spin di pabrik GM Indonesia, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. gmauthority.comProduksi Spin di pabrik GM Indonesia, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Ditutupnya pabrik General Motors (GM) Indonesia di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, berimbas pada nasib ratusan pegawai GM. GM Indonesia merilis, sekitar 500 pegawainya akan terkena dampak dari penutupan pabrik ini.

GM Indonesia terpaksa menyetop kegiatan produksi karena beberapa faktor, termasuk biaya material yang tinggi dan berkurangnya potensi dalam pemanfaatan keberadaan pemasok dalam negeri dikarenakan skala produksi yang terbatas.

Langkah yang ditempuh perusahaan ini akan berdampak terhadap karyawan di fasilitas produksi di Bekasi, yang terletak 16 km sebelah timur dari Jakarta. Pabrik, yang seluruh sahamnya dimiliki oleh GM Indonesia, dibuka pada tahun 1995.

Kemudian fasilitas ini diaktifkan kembali pada Mei 2013 setelah berhenti produksi pada tahun 2005. Pabrik Bekasi saat ini memproduksi Chevrolet Spin untuk kebutuhan dalam negeri dan pasar ekspor di Asia Tenggara.

"Kami memiliki karyawan yang sangat handal. Terbukti Chevrolet Spin telah mendapat pengakuan sebagai mobil berkualitas dari para pelanggan, kalangan industri dan General Motors," kata Tim Zimmerman, Presiden, GM Southeast Asia Operations, dalam siaran persnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X