Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Ditutup, GM Indonesia PHK Ratusan Pegawai

Kompas.com - 26/02/2015, 17:50 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Ditutupnya pabrik General Motors (GM) Indonesia di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, berimbas pada nasib ratusan pegawai GM. GM Indonesia merilis, sekitar 500 pegawainya akan terkena dampak dari penutupan pabrik ini.

GM Indonesia terpaksa menyetop kegiatan produksi karena beberapa faktor, termasuk biaya material yang tinggi dan berkurangnya potensi dalam pemanfaatan keberadaan pemasok dalam negeri dikarenakan skala produksi yang terbatas.

Langkah yang ditempuh perusahaan ini akan berdampak terhadap karyawan di fasilitas produksi di Bekasi, yang terletak 16 km sebelah timur dari Jakarta. Pabrik, yang seluruh sahamnya dimiliki oleh GM Indonesia, dibuka pada tahun 1995.

Kemudian fasilitas ini diaktifkan kembali pada Mei 2013 setelah berhenti produksi pada tahun 2005. Pabrik Bekasi saat ini memproduksi Chevrolet Spin untuk kebutuhan dalam negeri dan pasar ekspor di Asia Tenggara.

"Kami memiliki karyawan yang sangat handal. Terbukti Chevrolet Spin telah mendapat pengakuan sebagai mobil berkualitas dari para pelanggan, kalangan industri dan General Motors," kata Tim Zimmerman, Presiden, GM Southeast Asia Operations, dalam siaran persnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com