Regulasi Radikal "Usir" Kendaraan Tua dari Paris

Kompas.com - 11/02/2015, 13:26 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Paris, KompasOtomotif – Polusi parah di Ibu Kota Perancis, Paris, menuntut peraturan yang radikal untuk memperbaikinya. Walikota Paris Anne Hidalgo, Selasa (10/2/2015), akhirnya mengumumkan rancangan undang-undang pelarangan peredaran kendaraan di kota yang meliputi mobil, bus, truk, dan sepeda motor.

Dimulai dari Juli 2015, bus dan truk yang teregistrasi sebelum Oktober 2001 dilarang masuk ke pusat Paris. Untuk mobil, peredaran dibatasi untuk kelahiran setelah Januari 1997. Sepeda motor kelahiran sebelum 2000 juga dilarang beredar di beberapa wilayah khusus pada pukul 08.00 – 20.00.

Peraturan akan semakin mengetat seiring pergantian tahun sampai 2020. Pada akhirnya hanya kendaraan pribadi yang boleh digunakan di pusat Paris, untuk mobil kelahiran setelah 2011 dan sepeda motor setelah Juli 2015.

Mengutip dari salah satu media Perancis, Autoevolution mengatakan satu dari tujuh kendaraan kena dampak regulasi baru ini. Sementara itu Autocar dari keterangan kampanye grup pendukung pengemudi menjelaskan, tiga juta unit mobil akan musnah dalam lima tahun ke depan karena peraturan ini.

Tujuan dibalik regulasi sebenarnya baik, mengurangi polusi kendaraan yang kini “menghitamkan” awan Paris, meski begitu gelombang protes terus berdatangan dari kalangan pengguna kendaraan.

Sebelumnya pemerintah memberatkan masalah ini pada mesin diesel, sebab itu pajak baru lebih tinggi diberlakukan. “Bahkan saringan di model (diesel) terbaru tidak bisa menyingkirkan partikel yang paling berbahaya,” kata Hidalgo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.