Sensasi Nyaman dan Lincah Suzuki Address

Kompas.com - 15/12/2014, 15:25 WIB
Suzuki Address mempunyai keunggulan di sisi keiritan bahan bakar. SISSuzuki Address mempunyai keunggulan di sisi keiritan bahan bakar.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah mencari kelebihan dan kekurangan Suzuki Address dalam keadaan diam, KompasOtomotif melanjutkan eksplorasi dengan tes jalan. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mempersilakan beberapa media otomotif nasional menggeber skutik andalan terbaru itu mengitari Jakarta beberapa waktu lalu.

Posisi duduk yang nyaman sudah KompasOtomotif temukan karena kombinasi dek luas, jok dan posisi setang. Saat pertama kali tuas gas diputar, mesin 113cc SOHC-nya cukup responsif. Karakter mesin langsung bisa terbaca, Suzuki ingin memberikan sensasi entakan di putaran bawah.

Kata Hariadi, Section Service Head 2W SIS, ada beberapa alasan Address lebih "galak". Salah satunya mempunyai injektor dengan enam lubang semprot, atau lebih banyak dua lubang jika dibandingkan Nex. Didukung kompresi 9,4:1 dan final gear yang dibuat sedemikian rupa hingga lebih enteng, torsi besar 9,1 Nm bisa diraih di 6.000 rpm.

Meski demikian, saat putaran mesin masuk ke putaran mesin tengah-atas, tenaga mulai terasa sebesar di putaran bawah, namun masih tergolong cukup mumpuni untuk kembali diajak ”lari”.

Lincah dan stabil
Sensasi yang langsung terasa adalah kelincahan. Sepeda motor ini terasa sangat mudah dikendalikan. Hal itu didapat karena sudut caster (jarak antara garis lurus dengan setang) 25 derajat, atau lebih pendek dibandingkan rata-rata skuter lain.

Kombinasi roda depan 80/90-14 dan roda belakang 90/90-14 terasa cukup pas untuk mengimbangi kelincahan itu. Suspensi teleskopik (depan) dan single shock (belakang) lembut khas Suzuki masih bisa dirasakan pada Address.

Menariknya, getaran mesin sangat minim terasa. Kembali Hariadi menjelaskan bahwa hal ini diperoleh karena mounting mesin berkode UK110 itu dibuat sedemikian rupa untuk meredam getaran. Ini membuat berkendara terasa nyaman, baik di jalan lurus maupun melibas tikungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan segala kelebihan itu, SIS membidik Beat dan Mio (110) sebagai lawan. Sanggupkah punggawa baru sepeda motor Suzuki itu melawan?

Baca Juga:
Impresi Awal Naik Suzuki Address

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.