Begini Cara Mudah Memanjakan Telinga di Kabin Mobil

Kompas.com - 11/12/2014, 11:20 WIB
Dominasi warna hitam pada desain interior All-New Yaris dianggap netral, jadi bisa diaplikasikan ke berbagai arah modifikasi. Febri ArdaniDominasi warna hitam pada desain interior All-New Yaris dianggap netral, jadi bisa diaplikasikan ke berbagai arah modifikasi.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Ada cara lain memaksimalkan sistem hiburan kabin mobil. Masalahnya. mobil model terbaru sudah dilengkapi dengan head unit yang memiliki fitur canggih. Sehingga beberapa modifikator audio sulit "berkutik".

Kendati demikian selalu ada jalan keluar. Seperti yang dilakukan pada Toyota All-New Yaris. Langkahnya pun cukup mudah tanpa mengganti head unit standar. Untuk memanjakan telinga di kabin cukup mengganti komponen pelengkap audio. Seperti yang diutarakan gerai audio Vivre, di Kemayoran, pada dasarnya mengubah sistem audio pada Yaris terbaru untuk harian tidak terlalu sulit.

Bos Vivre, Eddy menjelaskan, pertama yang perlu diganti adalah speaker depan, bisa pakai model split two way yang berarti komposisi woofer, tweeter, dan crossover terpisah. Setelah itu siapkan power amplifier setidaknya empat channel untuk speaker dan tambahan subwoofer di belakang.

“Ukuran speaker tergantung ‘medan perang’, mau suara seperti apa? Kalau harian subwoofer 10 inci sudah cukup buat kabin, tapi kalau mau dentuman lebih 'wah' bisa 12 inci,” kata Eddy pekan lalu.

Paket
Kalau tidak mau pusing, lanjut Eddy, kini sudah banyak gerai yang menawarkan paket audio dengan harga sesuai kantong. Di Vivre juga tersedia paket, namun dibedakan sesuai merek-merek produk. Harga terendah berisi produk seperti yang disebutkan di atas bisa didapatkan mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta. Untuk kelas menengah tersedia mulai Rp 5,5 juta ke atas. Seluruh harga termasuk biaya pemasangan.

“Kalau masih harian cari yang yang tidak terlalu mahal, menengah ke bawah saja. Kalau ada yang ingin mengganti head unit Yaris baru biasanya memang hobi sound system, mereka mungkin belum puas dengan hasil yang ada. Tapi saya ingatkan, kalau ganti head unit itu ibarat mengganti jantung,” tutup Eddy.

Baca tentang


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X