Setelah Skutik, Suzuki Indonesia Ingin Revitalisasi "Sport”

Kompas.com - 08/12/2014, 19:00 WIB
Suzuki Inazuma 250, salah satu model yang akan diperbarui untuk mengejar segmen sport. KompasOtomotif-Donny AprilianandaSuzuki Inazuma 250, salah satu model yang akan diperbarui untuk mengejar segmen sport.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W pelan-pelan berbenah demi mengejar ketertinggalan di pasar sepeda motor nasional. Produk dan jaringan pelan-pelan diperbaiki. Bidikan besar pun sudah dicanangkan, yakni meraih 10 persen market share pada 2020.

Jika sampai akhir 2014 ini SIS mematok 4 persen pasar sepeda motor nasional, berarti peningkatan market share sampai 2020 adalah 1 persen per tahun. ”Itu angka minimum. Kalau bisa lebih besar dari 1 persen per tahun,” kata Motoo Murakami, Managing Director 2W SIS, (5/12/2014).

Angka tersebut tampaknya kecil, namun jika kita melihat pasar sepeda motor di Indonesia yang mencapai 8 juta unit per tahun, 1 persennya sudah 800.000 unit! Jumlah yang cukup besar untuk Suzuki yang saat ini terengah-engah mengembalikan pamor sebagai ”The Big Four” produsen sepeda motor asal Jepang selain Honda, Yamaha, dan Kawasaki.

Sport
Marukami menjelaskan, Address memang akan menjadi tulang punggung baru dengan sejumlah kelebihannya. Namun itu saja belum cukup. Di segmen sport, SIS akan melakukan revitalisasi besar-besaran di semua model.

Paling santer beredar kabarnya adalah sport 150cc baru, terinpirasi Gixer 150 di India. Soal ini Marukami tak mau berkomentar. Justru dirinya menyebut bahwa segmen 250cc akan diperbaiki bahkan diperbarui total. Suzuki Jepang akan mengembangkan model 250cc ini paling tidak 1 hingga 2 tahun.

”Suzuki mempunyai DNA dan tradisi sport yang cukup besar. Pelan-pelan kami akan mengarahkannya ke sana, seiring dengan kembalinya Suzuki di MotoGP mulai musim 2015,” ujar Marukami.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X