Land Rover Geram Evoque Dibuat Versi Duplikat

Kompas.com - 24/11/2014, 09:20 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Coventry, KompasOtomotif – Geliat merek asal China Landwind Motors membuat mobil yang dianggap tiruan Range Rover Evoque dengan nama X7, membuat kesabaran Land Rover menyentuh ambang batas. CEO Land Rover Ralf Speth akhinya mengajukan protes atas praktik yang dilakukan Landwind kepada Pemerintah China.

Diberitakan Autocar, pekan lalu, Speth beranggapan ada pencurian kekayaan intelektual. Istilah barang tiruan mungkin sudah identik dengan China, namun persoalan semakin serius sejak Landwind X7 diperkenalkan ke hadapan publik di Guangzhou Motor Show yang sekarang masih berlangsung. Terlebih lagi Landwind mengatakan X7 siap dipasarkan pada 2015.

“Fakta bahwa tiruan seperti ini akan djual di China sangat mengecewakan. Dalam prinsip sederhana seharusnya hal seperti ini tidak pernah terjadi, kekayaan intelektual dimiliki Jaguar Land Rover dan bila Anda melanggar itu maka Anda melanggar peraturan internasional yang berlaku di seluruh dunia,” kata Speth.

Desain eksterior X7 sangat jelas terlihat seperti kloning Evoque. Sepintas kedua model ini hanya bisa dibedakan lewat emblem dan identitas merek. Lebih mengecewakan lagi, X7 dibanderol 14.000 poundsterling (sekitar Rp 266 juta) sedangkan Evoque yang juga dijual di China 40.000 poundsterling (sekitar Rp 760 juta).

“Saya akan berbicara dengan prinsipal kami dan kami juga akan berdiskusi dengan partner lokal China, Chery, untuk menemukan solusi situasi ini. Saya tidak bisa membayangkan otoritas China akan senang melihat tindakan yang merusak kredibilitas negara. Apa yang kita lihat saat ini adalah tidak benar,” pungkas Speth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.