Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Ride KTM RC200

Sepeda Motor Sport Siap Balap dan Anti-Macet

Kompas.com - 23/11/2014, 11:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Serpong, KompasOtomotif – Setelah membuktikan kenyamanan KTM RC200, saatnya merasakan performa. Tidak perlu di sirkuit, karena maksud pengetesan ini bukan mencari performa maksimal, namun merasakan kemampuan sepeda motor versi ver-fairing Duke 200 tersebut sebagai kendaraan perkotaan yang punya kemampuan lebih.

Lokasi pengetesan adalah kawasan pergudangan yang juga ditempati KTM Center di Taman Tekno, Serpong, Tangerang Selatan. Jalanan beton yang lebar memudahkan untuk melakukan manuver dengan kecepatan lumayan tinggi.

Tingkat kenyamanan sudah teruji dengan ergonomi seimbang seperti yang sudah dibahas KompasOtomotif dalam artikel sebelumnya. Meski dipakai bermacet-macet ria, sepeda motor tidak akan capek ditunggangi.

Mudah dikendarai
Kesan pertama saat ”ditarik”, mesin 199,5cc silinder tunggal berpendingin cairan ini mudah ”mengamuk” di putaran mesin rendah. Artinya, torsi puncak 19,2 Nm gampang dicapai dan mampu melesatkan sepeda motor dengan responsif. Alhasil, meski menggunakan gigi tiga dalam kecepatan rendah sekali pun, sepeda motor masih bisa diajak ”narik” dengan spontan.

Entah kenapa, KompasOtomotif merasa langsung ”tune-in” dan tidak butuh waktu lama beradaptasi. Mungkin salah satunya karena bobot yang ringan. Bahkan untuk bermanuver sedikit rebah di belokan gampang dilakukan tanpa ada keraguan.

Soal manuver ini, didukung oleh ban bertapak paling lebar di kelas sepeda motor 200-250cc. Ukurannya 110/70-17 di depan dan 150/60 di belakang. Pijakan kaki juga cukup tinggi, tidak mudah bersentuhan dengan tanah saat dipakai belok miring.

Paket rangka trelis yang kokoh dan rigid, lengan ayun ringan dan lentur, plus suspensi WP, serta jarak sumbu roda yang pendek membuat  manuver menjadi mudah dilakukan.

Dengan harga Rp 59,5 juta on the road, cukup masuk akan dijadikan pilihan baru sebagai kendaraan yang siap melesat di perkotaan dengan penampilan yang berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com