Festival 86 Kembali Digelar di Australia

Kompas.com - 13/11/2014, 08:00 WIB
Festival of 86 tahun ini kembali digelar di Australia. Cars GuideFestival of 86 tahun ini kembali digelar di Australia.
|
EditorAris F. Harvenda

Sydney, KompasOtomotif - Untuk kedua kalinya Australia menggelar Festival of 86 yang menyatukan seluruh mobil sport paling digemari di daratan Negeri Kanguru ini pada 8-9 November 2014 lalu. Raungan “nada” dari ratusan mesin boxer 2.0L milik Toyota 86 merdu terdengar dari Inner West, Sydney.

Hingga kini lebih dari 10.000 unit 86 beredar di Australia, menjadikannya pasar terbesar ketiga 86 setelah Jepang dan Amerika Serikat. Hal itu membuktikan konsumen di benua berpenduduk sekitar 23 juta ini sangat menyukai sedan kompak 2-pintu dengan sistem gerak roda belakang.

Kepala desain Toyota Tetsuya Tada, yang juga langsung datang mengunjungi Festival of 86 mengatakan kebanggannya Australia sangat menghargai 86. “Saat saya memulai proyek 86, adalah mimpi membuat pemilik memiliki gairah yang tinggi seperti ini,” ujar Tada seperti diberitakan Cars Guide, Rabu (12/11/2014).

Festival of 86 dihadiri sekitar 400-an mobil, selain 86 yang tampil standar dan telah dimodifikasi terlihat juga kembarannya, Subaru BRZ, dan Toyota AE86 yang merupakan inspirasi rancangan 86. Bos penjualan dan pemasaran Toyota Australia yang juga datang mengungkapkan hal baru untuk masa depan 86, dua tahun lagi Australia juga akan menggelar balapan one-make race khusus 86.

“Konsepnya pebalap amatir dan pro-am dari seluruh penjuru Australia akan bertanding bersama pebalap profesional,” kata Cramb.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.