Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival 86 Kembali Digelar di Australia

Kompas.com - 13/11/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif - Untuk kedua kalinya Australia menggelar Festival of 86 yang menyatukan seluruh mobil sport paling digemari di daratan Negeri Kanguru ini pada 8-9 November 2014 lalu. Raungan “nada” dari ratusan mesin boxer 2.0L milik Toyota 86 merdu terdengar dari Inner West, Sydney.

Hingga kini lebih dari 10.000 unit 86 beredar di Australia, menjadikannya pasar terbesar ketiga 86 setelah Jepang dan Amerika Serikat. Hal itu membuktikan konsumen di benua berpenduduk sekitar 23 juta ini sangat menyukai sedan kompak 2-pintu dengan sistem gerak roda belakang.

Kepala desain Toyota Tetsuya Tada, yang juga langsung datang mengunjungi Festival of 86 mengatakan kebanggannya Australia sangat menghargai 86. “Saat saya memulai proyek 86, adalah mimpi membuat pemilik memiliki gairah yang tinggi seperti ini,” ujar Tada seperti diberitakan Cars Guide, Rabu (12/11/2014).

Festival of 86 dihadiri sekitar 400-an mobil, selain 86 yang tampil standar dan telah dimodifikasi terlihat juga kembarannya, Subaru BRZ, dan Toyota AE86 yang merupakan inspirasi rancangan 86. Bos penjualan dan pemasaran Toyota Australia yang juga datang mengungkapkan hal baru untuk masa depan 86, dua tahun lagi Australia juga akan menggelar balapan one-make race khusus 86.

“Konsepnya pebalap amatir dan pro-am dari seluruh penjuru Australia akan bertanding bersama pebalap profesional,” kata Cramb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com