Gran Max 6 Roda Dimodifikasi Sekelas Hotel Berbintang

Kompas.com - 30/09/2014, 18:38 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Daihatsu tampil maksimal pada IIMS 2014 lalu dengan menampilkan sesuatu yang beda sekaligus unik. Tak ada mobil produksi yang dipamerkan, sebagai gantinya ada 13 unit mobil konsep dan modifikasi, salah satu yang mengundang banyak perhatian adalah Gran Max Caravan.

Wujud asli pikap Gran Max digarap dengan sentuhan ala recreational vehicle yang digemari di Eropa dan Amerika Serikat. "Kaki" tak pelak harus ditambah agar terlihat lebih pas sebagai caravan. Total ada enam roda, roda bawaan pabrik plus dua tambahan untuk menopang karoseri bikinan Xentras box dari Cibinong, Bogor. Sosoknya mirip mobil trailer, kepala dan box terpisah.

Kesan mobil “kerja” tak lagi ada, tertutup penampilan mewah dan elegan. Warna bodi dominan hitam ditambah aksen emas dan silver, keenam roda dipasangi “sepatu” ukuran 18 inci. Bahkan konsep mobil wisata merambah lebih jauh, di atap ada dua kursi santai. Fungsinya, untuk mengakomodasi penumpang menemukan spot pemandangan menarik saat berkunjung ke daerah tamasya.

Febri Ardani Gran Max Caravan

Interior
Di bagian luar sudah terasa luar biasa, Anda akan terkejut melihat apa isi di dalam karavan. Prinsip dasarnya membuat tempat tinggal sementara sekelas kamar hotel berbintang, jadi sudah dilengkapi dengan tempat tidur selebar bodi, lengkap dengan pendingin udara, lampu tidur, dan pengharum ruangan.

Selain itu, terdapat peralatan rumah tangga seperti kitchen set dan lemari penyimpanan. Sarana hiburan televisi 24 inci, permainan konsol, pemutar DVD, dan sistem audio menjamin kenyamanan sekalgus penghilang rasa bosan.

Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bobot total karoseri berikut interior hanya sedikit melebihi setengah ton. Tak ada masalah buat spesifikasi asli Gran Max dengan mesin standar 1.500cc yang sanggup mengangkut hingga 1,5 ton.

Head Development Project Team 3 R&D ADM Satrio Budiutomo menjelaskan, butuh dana sekitar Rp 350 juta untuk menghasilkan konsep “out of the box” Gran Max Caravan. Diuraikan, Rp 250 juta untuk biaya total modifikasi sedangkan Rp 100 juta harga Gran Max.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.