Kompas.com - 17/09/2014, 17:06 WIB
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sudah menampilkan sosok Delica, yang disiapkan untuk bermain di segmen MPV menengah. Pesaing Nissan Serena dan Toyota Nav1 tersebut memiliki karakter dan citra unik karena mengadopsi DNA SUV.

Sosok berpenampilan boxy tersebut memiliki jarak antara body dan tanah (ground clearence) yang cukup tinggi (190 mm), serta desain bemper depan dan belakang dengan sudut lebih besar. Ketiga kunci utama tersebut berfungsi sebagai penunjang ketika berinteraksi dengan lintasan menanjak dan menurun yang cukup curam. Bahkan, untuk menerjang jalan rusak dan berlubang, pengendara tak perlu khawatir jika bagian bawah mobil mentok.

Tampilan kabin, seperti diberitakan sebelumnya, memiliki desain mewah seperti kompetitor. Kenyamanan dan kelegaan kabin diklaim mampu memberikan kenikmatan berkendara bagi pengemudi dan penumpang. Fitur dan kelengkapan yang disediakan pun cukup mumpuni.

Mesin
Kendati belum diinformasikan secara resmi, untuk penghasil tenaga, Delica di pasar global memiliki 2 pilihan, mesin bensin dan diesel. Untuk mesin bensin, ia menggunakan MIVEC DOHC dengan pilihan kapasitas 2.000 cc dan 2.400 cc. Masing-masing mempunyai tenaga 155 tk dan 170 tk dengan torsi 199 Nm serta 232 Nm.

Versi dieselnya juga mengusung teknologi MIVEC, yang dilengkapi variable geometry turbo, intercooler, dan commonrail dengan piezo injectors. Mesin dengan spesifikasi tersebut mampu memberikan daya hingga 177 tk dengan torsi 380 Nm. Performa ini sedikit di atas Pajero Sport Dakkar.

Kesemua varian menggunakan transmisi otomatis tipe CVT INVECS III, sedangkan sistem gerak punya dua pilihan, yakni gerak roda belakang dan semua roda (AWD).

Varian mana yang bakal dijual? KTB masih tetap bungkam, begitu pula dengan harga. Semua akan dirilis besok pada pembukaan IIMS, Kamis (18/9/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.