Renault Mulai Rakit Fluence di Malaysia

Kompas.com - 26/05/2014, 10:55 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Paris, KompasOtomotif - Setelah resmi meluncurkan Duster, Koleos, dan Megane di Indonesia, September 2013 lalu, kini Renault terus mengembangkan ekspansi bisnisnya di Asia Tenggara. Terbaru, merek asal Perancis ini mulai merakit secara lokal, sedan Fluence, di Malaysia, tahun ini.

Fluence akan di impor dalam rangkaian terurai penuh (CKD), dan dirakit di pabrik milik Grup Tang Chong di Kuala Lumpur, selaku distributor lokal Renault dan Nissan di Malaysia. Produk ini menjadi model Perancis pertama yang pernah diproduksi di Malaysia.

"Peluncuran Fluence di Malaysia merupakan langkah awal Renault untuk mempercepat kinerja pertumbuhan. Fluence sengaja disiapkan untuk memenangkan pasar internasional, terutama di negara-negara yang besar pasar sedan 'three-box' populer," tulis Renault dalam pernyataan resminya, dilansir Automotive News Europe (25/5/2014).

Ketika dikonfirmasi, juru bicara Renault masih belum mau mengatakan berapa potensi pasar yang diharapkan di Malaysia.

Jaringan
Seiring dengan rencana CKD, Renault juga mempererat kerjasama dengan Tan Chong, untuk memperbesar jaringan penjualan dan layanan di Malaysia. Hingga 2016, Renault menargetkan bisa menambah jumlah dealer menjadi 25 outlet, dari saat ini cuma 10 titik saja. Kedua perusahaan sudah bekerja sama sejak 2003.

Malaysia merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga, setelah Thailand dan Indonesia. Pasar mobil terus konsisten tumbuh 5 persen dalam 30 tahun terakhir. Tahun lalu, total penjualan mobil naik 5 persen menjadi 645.000 unit, dengan sedan sebagai model terlaris.

Gilles Normand, Komisaris Renault Asia Pasifik, mengatakan, perusahaan mau menjadi tiga besar merek di Eropa pada 2018. Saat ini, Perodua, Proton, dan Toyota merupakan tiga merek dengan penjualan terbesar di Malaysia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.