Kompas.com - 05/05/2014, 15:22 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Persaingan penjualan mobil di pasar nasional semakin ketat. Jumlah stok yang masih menggunung membuat perang diskon dipastikan tetap berlangsung pada kuartal kedua 2014.
 
Hendrayadi Lastiyoso, Kepala Pemasaran dan Layanan Konsumen PT Astra International Tbk-Daihastu Sales Operation (DSO), menjelaskan, dari segi jumlah penjualan, kuartal kedua tahun ini bisa lebih besar dari tiga bulan pertama 2014. Pemicunya, sudah masuk bulan puasa mulai pertengahan Juni.
 
"Kami berharap, Juni sampai pekan pertama Juli penjualan akan naik, sesuai tren tahunan di Indonesia. Masalahnya, meski dari jumlah unit penjualan naik, tapi margin (keuntungan) akan semakin kecil," beber Hendrayadi, di Jakarta Pusat, Senin (5/5/2014).
 
Rio Sanggau, Kepala Pemasaran Nasional PT Astra Daihatsu Motor, menambahkan, ada selisih yang cukup besar antara jumlah penjualan wholesale dan ritel. "Kalau ditotal stok di pasar itu bertambah 40.000 unit lagi. Ini harus dijual juga nantinya," imbuh Rio.
 
Level
Suparno Djasmin, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, posisi stok perusahaan tahun ini lebih tinggi dari tahun lalu. "Tahun ini posisi stok Toyota di level 0,8 sementara tahun lalu berkisar 0,5 bulan," jelas Suparno di Jakarta Selatan, pekan lalu.
 
Sedangkan Hendrayadi, di lain kesempatan menambahkan, posisi stok Daihatsu juga lumayan besar di level 1,0 bulan. Artinya, persaingan masih berlangsung ketat. "Perang diskon tetap akan terjadi," tutup Hendrayadi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.