Kode Warna Ban MotoGP dari Bridgestone

Kompas.com - 10/03/2014, 16:01 WIB
Ban Bridgsetone untuk MotoGP musim 2014 diberi empat warna pembeda. autoevolutionBan Bridgsetone untuk MotoGP musim 2014 diberi empat warna pembeda.
|
EditorAris F. Harvenda

Losail, KompasOtomotif – Untuk memenuhi permintaan para penggila MotoGP, Bridgestone akhirnya merilis ban dengan kode warna untuk membedakan jenisnya untuk musim 2014. Tak hanya penonton, tim-tim juga akan lebih diuntungkan karena mudah membedakan jenis ban yang akan dipakai.

Ban dengan warna-warna pembeda ini akan mulai muncul di balap perdana 2014 di Sirkuit Losail, Qatar, (23/3/2014). Untuk penggunaan ban regulasi tahun ini cukup rumit. Perbedaan penggunaan ban antara tim factory (pabrikan) dan open cukup menyulitkan tim untuk memilah ban dengan kompon lunak, super lunak, medium, atau keras.

4 Warna
Empat jenis ban itu akan dibedakan dengan warna spesifik yang terdapat pada dinding, kecuali ban khusus basah, seperti yang sudah dipakai pada Formula 1. Untuk ekstra lunak (extra-soft) diberi garis hijau, lunak (soft) bergaris putih, dan keras (hard) bergaris merah. Sedangkan kompon medium akan dibiarkan polos alias hitam.

Sebelumnya, pembeda untuk ban hanya diberikan untuk ban kompon lunak. Tapi, tidak diberi tanda secara spesifik, alias hanya tim dan pebalap yang tahu detail. Dengan adanya empat warna pembeda nanti, kita sebagai penonton pun akan tahu, ban jenis apa yang dipakai para pebalap di babak kualifikasi atau pun saat balap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.