Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Tenaga Dahsyat Strada Triton Hi-Power

Kompas.com - 27/02/2014, 17:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Strada Triton Hi-Power diluncurkan sebagai varian paling top di jajaran pikap berkabin ganda Mitsubishi. Diklaim, tenaga mesin melonjak jauh membuatnya lebih nikmat digeber sebagai kendaraan off-road maupun kegiatan petualangan. Hal ini berkat teknologi baru yang disebut Variable Geometry Turbo (VGT) pada jantung pacu DI-D 2.5L DOHC-nya.

Dengan peranti itu, tenaga maksimal yang dikeluarkan jauh lebih besar, meningkat menjadi 178 PS @4.000 rpm, dibanding mesin sebelumnya yang hanya menghasilkan 136 PS @3.500 rpm. Torsinya juga naik, dari model sebelumnya 32kgm @2.000rpm menjadi 35,7 kgm @1.800-3.500 rpm. Lalu, apa rahasia VGT sehingga membuat tenaga dan torsi naik drastis?

KompasOtomotif-Donny Punya tenaga lebih besar

Dijelaskan Imam Choiru Cahya, Head of Passanger Car and LCV Dept PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, VGT adalah pengembangan kelengkapan pada mesin diesel berteknologi common rail. "Efisiensinya meningkat secara keseluruhan di semua rentang putaran mesin," jelasnya.

Secara umum, fungsi VGT adalah mengoptimalkan kinerja turbin untuk mencapai torsi tinggi pada kecepatan rendah dan mengeluarkan kekuatan maksimal pada kecepatan tinggi. Akibatnya, tenaga yang dihasilkan sangat besar meski menggunakan jumlah dan kapasitas silinder sama.

Sistem Kerja
Cara kerjanya, selama rentang putaran mesin (rpm) rendah sampai menengah, VGT mampu mengatur baling-baling yang berada di dalamnya. Sehingga, gas buang untuk memutar turbin lebih cepat.
 
Dalam jenis turbo non-VGT, volume gas buang rendah bergerak ke dalam lorong tanpa hambatan. Ini mengakibatkan kecepatan udara terhambat dan akan membuat turbin berputar lebih lambat. Efeknya putaran turbo ikut mengalami hambatan.

Selama mesin dalam putaran mesin tinggi, volume gas buang akan padat. Baling-baling VGT  akan "membuka jalan" yang lebih luas untuk mengurangi tekanan balik gas buang. Hal ini memberikan efek kecepatan turbin lebih tinggi.

Manfaat
Biasanya, jika ingin mendapat tenaga lebih besar kita akan mencari kendaraan dengan kapasitas silinder lebih besar. Namun dengan teknologi VGT, kapasitas silinder tak perlu dinaikkan, karena tenaga yang dihasilkan akan sama bahkan lebih besar.

Disimpulkan, penggunaan VGT akan mengontrol emisi dengan sangat baik. Selain itu, efisiensi dan kekuatan mesin jauh lebih unggul.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com