Kompas.com - 12/01/2014, 14:10 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Setiap mobil punya usia pakai, perawatan wajib dilakukan sang pemilik apabila ingin mempertahankan kondisi seperti mobil baru selama mungkin. Selain dirawat harian, mobil kesayangan juga perlu mendapatkan layanan pembersihan detail dan menyeluruh di salon mobil.

“Kalau memang dipakai harian, setidaknya sekali setahun mobil perlu masuk salon. Biar semua kotoran yang menumpuk hilang,” jelas Mawan, pemilik salon perawatan mobil Dash Cleaning.

Salon
Kini salon perawatan mobil sudah menjamur, jenis layanan juga macam-macam. Paket perawatan yang ditawarkan beragam, seperti poles bodi, jamur kaca, interior, dan ruang mesin.

Keunggulan merawat mobil di salon, pengerjaan dilakukan oleh pekerja ahli berpengalaman, serta alat dan produk yang digunakan merupakan pilihan terbaik. Tambahannya, sudah banyak salon mobil yang memberikan garansi “kinclong”, salah satunya pembersihan kotor dari hujan di hari yang sama.

“Pilihlah salon mobil yang punya reputasi baik, bisa dicari tahu lewat komentar pelanggan, obrolan mulut ke mulut itu lebih canggih dari iklan,” ujar Mawan,

Hasil maksimal kerap diiringi dengan harga yang cukup besar. “Pengerjaan detail, jenis alat dan produk, biasanya menentukan harga. Makin lengkap, makin mahal pastinya,” tambah Mawan lagi.

Paket perawatan seluruh kendaraan mulai dari Rp 350 hingga Rp 5 juta, tergantung ukuran model (sedan, MPV, SUV).

Rumah
Pemilik yang lebih kreatif dan rajin bisa membawa metode perawatan yang digunakan di salon mobil untuk dikerjakan di rumah. Dengan cara seperti ini biaya bisa lebih ditekan, sebab hanya perlu menggunakan alat dan produk “seadanya”.

Namun perlu diingat bila dikerjakan di rumah, pemilik kini berperan sebagai “ahli berpengalaman” seperti pekerja di salon mobil, tingkat detail ditentukan sendiri. Sumber referensi bisa dilihat di situs online dan buku cara merawat kendaraan.

Panggilan
Masih ada pilihan menggunakan jasa panggilan buat para pemilik yang tidak punya banyak waktu luang dan malas ke salon mobil. Pengerjaannya bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah. Layanan macam ini bisa ditawarkan salon mobil ataupun perorangan, metodenya seperti membawa salon mobil ke rumah. Harga bervariasi, kisaran Rp 350 hingga Rp 1 juta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.