Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Perawatan Mobil

Menghilangkan “Lesung Pipit” di Bodi Mobil

Kompas.com - 12/01/2014, 09:50 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Ada beberapa cara untuk mengembalikan "ketampanan" mobil, metodenya bisa rumahan atau bengkel “ketok magic”. Hendy, pemilik bengkel reparasi bodi HJ Autoworks menjelaskan, hampir sebagian besar pengobatan “lesung pipit” seharusnya dilakukan di tangan ahli dengan peralatan mumpuni. Namun untuk beberapa kasus bisa diselesaikan di rumah, tapi tetap ada batasannya. “Kalau tidak terlalu paham, paling penting jangan tekan dari luar, kalau salah penyoknya malah tambah banyak,” ujar Hendy.

Yosef Bee, pemilik rumah modifikasi H20 Bodyworks menambahkan, “repair bodi mobil kategori rumahan bisa dilakukan apabila cacat tidak mengubah struktur mobil serta posisi tidak sulit. Penyok halus tanpa sudut masih bisa diperbaiki sendiri, tapi perlu hati-hati.”  

Dari Dalam
Caranya, memakai alat bantu palu karet, posisi cekung di bodi luar ditekan atau diketok perlahan dari bagian dalam. Misal penyok ada di panel pintu, pemilik yang ingin coba memperbaiki harus melepas door trim dan komponen yang menghalangi terlebih dahulu.

Kini sudah beredar produk aftermarket vakum yang bisa memperbaiki penyok. Cekungan bisa “dihisap” hingga terangkat kembali ke posisi semula. Yosef menambahkan, meski terlihat mudah namun menggunakan perkakas itu juga butuh keahlian. “Pemakaian harus berbeda buat plat bodi setebal 1 mm atau 2 mm, agak sulit kalau tidak terbiasa. Lebih baik diserahkan ke ahlinya,” tukas Yosef.

Magic
Buat penyakit yang lebih parah, solusinya hanya dikerjakan di bengkel “ketok magic”. Yosef mengatakan kata magic yang biasa digunakan itu sama artinya dengan skill, karena memperbaiki bodi butuh keahlian dan pengalaman.

Besaran luka, posisi, dan tingkat kesulitan menentukan harga, mulai dari Rp 100-200 ribu per satu titik penyok. Usai diperbaiki, masih ada lagi biaya pengecatan, setiap panel seperti pintu dikenakan ongkos pengerjaan mulai Rp 500 ribu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com