Andalan Baru Suzuki, Transmisi Manual Serasa Otomatis

Kompas.com - 06/01/2014, 16:09 WIB
Automated Manual Transmission (AMT) Suzuki YL7/Celerio IndianautosblogAutomated Manual Transmission (AMT) Suzuki YL7/Celerio
|
EditorZulkifli BJ
New Delhi, KompasOtomotif — Hatchback global terbaru Suzuki akan hadir dalam "World Premiere" di Auto Expo India, bulan depan. Menjelang debut tersebut, salah satu eksekutif senior Maruti Suzuki (Suzuki India) menuturkan, mobil yang masih menggunakan kode YL7 ini ditawarkan dengan pilihan Automated Manual Transmission (AMT).

"AMT memberikan kenyamanan transmisi otomatis dengan efisiensi bahan bakar seperti manual. Konsumen bisa mengganti percepatan seperti layaknya otomatis, tapi 'rasa' pergantian sama dengan manual," jelas sumber tersebut kepada Economic Times, Senin (6/1/2014).

Indianautosblog Automated Manual Transmission (AMT) Suzuki YL7/Celerio
Sistem ini menghilangkan peran pedal kopling, pergantian percepatan dilakukan seperti jenis Tiptronic. Tuas digerakkan ke depan untuk memindahkan gigi ke posisi tinggi dan ke belakang gigi lebih rendah. 

Dijelaskan, harga produksi AMT lebih murah dari transmisi otomatis. Keuntungan tambahan buat konsumen, bisa lebih irit 5 persen dibanding manual. AMT ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

YL7 menggunakan mesin K Series 3-silinder 1.0 liter milik hatchback A-Star atau Karimun Wagon R di Indonesia. Dijelaskan, AMT menggunakan perbandingan 5 tingkat percepatan bergaya sport.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X