Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andalan Baru Suzuki, Transmisi Manual Serasa Otomatis

Kompas.com - 06/01/2014, 16:09 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Hatchback global terbaru Suzuki akan hadir dalam "World Premiere" di Auto Expo India, bulan depan. Menjelang debut tersebut, salah satu eksekutif senior Maruti Suzuki (Suzuki India) menuturkan, mobil yang masih menggunakan kode YL7 ini ditawarkan dengan pilihan Automated Manual Transmission (AMT).

"AMT memberikan kenyamanan transmisi otomatis dengan efisiensi bahan bakar seperti manual. Konsumen bisa mengganti percepatan seperti layaknya otomatis, tapi 'rasa' pergantian sama dengan manual," jelas sumber tersebut kepada Economic Times, Senin (6/1/2014).

Indianautosblog Automated Manual Transmission (AMT) Suzuki YL7/Celerio
Sistem ini menghilangkan peran pedal kopling, pergantian percepatan dilakukan seperti jenis Tiptronic. Tuas digerakkan ke depan untuk memindahkan gigi ke posisi tinggi dan ke belakang gigi lebih rendah. 

Dijelaskan, harga produksi AMT lebih murah dari transmisi otomatis. Keuntungan tambahan buat konsumen, bisa lebih irit 5 persen dibanding manual. AMT ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

YL7 menggunakan mesin K Series 3-silinder 1.0 liter milik hatchback A-Star atau Karimun Wagon R di Indonesia. Dijelaskan, AMT menggunakan perbandingan 5 tingkat percepatan bergaya sport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com