Ekspor Mobil AS Tembus 2 Juta Unit

Kompas.com - 02/01/2014, 13:45 WIB
Ekspor mobil AS naik menembus 2 juta unit dari sebelumnya hanya 1,8 juta unit. CarscoopEkspor mobil AS naik menembus 2 juta unit dari sebelumnya hanya 1,8 juta unit.
|
EditorAris F. Harvenda
Detroit, KompasOtomotif - Perekonomian Amerika Serikat semakin prima. Salah satu indikasi  ditunjukkan dengan ekspor mobil yang semakin besar tahun lalu (2013) mencapai 2 juta unit. Lebih dari setengahnya disumbang oleh "Trio Detroit", General Motors, Chrysler, dan Ford. Sedangkan sisanya dari fasilitas perakitan milik pabrikan Jepang, Korea Selatan, dan Jerman.

Menurut data Kementerian Perdagangan AS, setahun sebelumnya (2012), ekspor otomotif hanya 1,8 juta unit atau senilai 132,7 miliar dollar AS (Rp 1.595,7 triliun). Terdiri dari mobil penumpang sampai pikap. Jumlah ini lebih besar 27 miliar dollar AS (Rp 324,6 triliun) lebih tinggi dari pertumbuhan manufaktur terbesar, yakni industri pesawat terbang.

Namun, nilai impor juga masih besar ketimbang ekspor, sehingga terjadi defisit neraca perdagangan lebih dari 100 miliar dollar AS (Rp 1.202,5 triliun). Secara hitungan kasar, setengah dari ekspor mobl AS itu ke Meksiko atau Kanada, sedangkan pertumbuhan terbesar itu datang dari negara-negara di luar Amerika Utara.

Sebelumnya, pada 2004, banyaknya ekspor ke Meksiko atau Kanada berkontribusi sampai 80 persen total pengiriman. Sekarang jumlah ini berkurang menjadi tinggal 49 persen dan terus menyusut. Jumlah pengiriman ke China justru naik enam kali lipat sejak 2009. Dengan perhitungan satu dari setiap sembilan mobil yang diekspor tujuannya ke China.

Mayoritas kendaraan yang diekspor sudah dijual di AS, salah satu yang paling sukses di pasar adalah Ford F-150 pikap. Dipasok ke 49 negara di seluruh dunia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Detnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.